Hari ke-2 di Riau, Jokowi Lihat Gajah di Tol Permai dan Resmikan SPAM Durolis

Bisnis.com,05 Jan 2023, 09:35 WIB
Penulis: Arif Gunawan
Hari ke-2 di Riau, Jokowi Lihat Gajah di Tol Permai dan Resmikan SPAM Durolis. Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Mensesneg Pratikno (kedua kiri), dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) saat berada di pusat perbelanjaan di Pekanbaru, Rabu (4/1/2023). Istimewa
Bisnis.com, PEKANBARU - Pada hari ke-2 kunjungan kerjanya di Provinsi Riau, Kamis (5/1/2023), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengikuti sejumlah agenda dan meresmikan proyek infrastruktur.
Pertama, usai meninggalkan hotel di Pekanbaru, Jokowi akan menuju Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan di Kabupaten Rokan Hilir, melalui jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai).
Saat melewati tol Permai, Jokowi dijadwalkan akan melihat gajah. Dari catatan Bisnis, PT Hutama Karya (Persero) pemegang konsesi proyek jalan tol Trans-Sumatra telah membangun ruas tol Pekanbaru-Dumai, dengan keistimewaan yaitu dibangunnya lajur perlintasan gajah atau Underpass Perlintasan Gajah (UPG) di lima lokasi.
Untuk di seksi 2 (Minas—Kandis Selatan) tol Permai yang rencananya akan disinggahi Jokowi ini, terdapat Jembatan Sungai Tekuana yang kerap kali disinggahi oleh 13 gajah Sumatra karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Lintas bawah tol Pekanbaru—Dumai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.
Agenda selanjutnya yang dibagikan oleh Diskominfo Kota Dumai, Jokowi akan bertolak ke Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir untuk meresmikan proyek infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR yaitu Sistem Penyediaan Air Minum Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis (SPAM Durolis).
Dalam catatan Kementerian PUPR, konstruksi SPAM Regional Durolis tahap I memiliki kapasitas 400 liter per detik (lpd). Dengan kata lain, SPAM Regional Durolis tahap I akan menyediakan air minum 200.000 jiwa melalui pemasangan 40.000 sambungan rumah (SR). 
Secara rinci, pemasangan 40.000 SR tersebut akan tersebar di 10 kecamatan yang tersebar di tiga kota/kabupaten, yakni 15.000 SR di Kota Dumai, 10.000 SR di Kabupaten Rokan Hilir, dan 15.000 SR di Kabupaten Bengkalis. Investasi yang dihabiskan utnuk konstruksi SPAM Regional Durolis tahap I mencapai Rp858,6 miliar.
Secara keseluruhan, konstruksi SPAM Regional Durolis akan dilakukan dalam empat tahap. Tahap I-III akan dibangun dengna kapasitas 400 lpd, sementara pembangunan tahap IV akan memiliki kapasitas 300 lpd.
Seusai peresmian tersebut, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Kota Dumai. Di sini, Jokowi akan mengunjungi Pasar Bunda Sri Mersing Dumai untuk melakukan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada 100 orang pedagang pasar. Selanjutnya, rombongan akan menuju Rumah Makan Artabela Kota Dumai.
Tak hanya itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga akan melakukan peninjauan ruang kontrol dan tangki farm di Filling Station PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) Dumai.
Adapun rangkaian agenda RI 1 di Kota Dumai ini masih bersifat tentatif dan menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini