9 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk Alami

Bisnis.com,09 Jan 2023, 15:55 WIB
Penulis: Nuraini
9 Manfaat Kencur Bisa Membuat Tubuh Lebih Sehat (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Kencur merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak khasiatnya. Manfaat kencur itulah yang membuat rempah ini sering dijadikan sebagai obat atau jamu tradisional.

Secara bentuk, kencur mirip dengan rimpang lainnya. Akan tetapi, kencur memiliki aroma yang lebih wangi. Selain dijadikan sebagai obat, kencur juga sering ditambahkan dalam masakan khas Indonesia. Penambahan kencur akan membuat rasa dan aroma makanan menjadi lebih enak.

Kandungan Kencur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kencur memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Berdasarkan keterangan di Alodokter, beberapa kandungan kencur, antara lain; protein, serat, kalium, magnesium, fosfor, kalsium, selenium, zinc, zat besi, vitamin C, vitamin K, vitamin B, dan asam folat. Selain itu, kencur juga mengandung minyak esensial dan senyawa yang sifatnya antioksidan, antibakteri, antinyeri, dan antiradang.

Manfaat Kencur Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam kencur membuat rempah ini mempunyai banyak manfaat. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat kencur untuk kesehatan.

1. Mengatasi infeksi pada saluran pernafasan

dr. Arrum Putri Amalia dalam Alodokter menerangkan bahwa salah satu manfaat kencur untuk pernafasan yaitu bisa mengatasi infeksi saluran pernapasan. Hal tersebut dikarenakan kencur mengandung senyawa yang sifatnya antiradang, antibakteri, dan antioksidan.

2. Menjadi obat batuk alami

Kencur juga diketahui bisa menjadi obat batuk alami. Berdasarkan penjelasan di Hellosehat, manfaat kencur untuk batuk ditunjang oleh kandungan polifenol dalam rempah ini. Polifenol merupakan zat antioksidan yang bisa mengatasi peradangan oksidatif dalam tubuh.

Kandungan propolis yang dimiliki kencur juga diketahui bisa mengatasi batuk karena bisa meredakan radang dan mencegah perkembangan patogen penyebab infeksi saluran pernapasan.

3. Mengatasi infeksi tenggorokan

Berdasarkan keterangan di SehatQ, salah satu manfaat kencur untuk tenggorokan yaitu bisa mengatasi infeksi pada tenggorokan. Selain itu, kencur juga bisa mengatasi gangguan pernapasan yang dialami anak-anak.

4. Mengatasi masalah lambung

Kencur juga diketahui bisa mengatasi asam lambung. Sebuah studi menyebutkan bahwa manfaat kencur untuk asam lambung yaitu dapat mencegah erosi atau luka di lambung. Luka tersebut diakibatkan oleh infeksi. Kencur memiliki sifat antibakteri yang bisa mengatasi masalah tersebut

5. Mengobati kembung

Selain bermanfaat untuk mengatasi asam lambung, khasiat kencur lainnya yaitu bisa mengobati kembung. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara meminum air rebusan kencur 2 kali sehari.

6. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat kencur untuk pria dan wanita selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebuah penelitian dengan objek hewan menyebutkan bahwa ekstrak etanol dari rimpang kencur bisa menurunkan kolesterol total dan LDL di dalam darah. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini pada manusia.

7. Membuat pernapasan lebih lancar

Salah satu manfaat kencur untuk paru-paru yaitu bisa membantu fungsi dari organ pernapasan tersebut. Selain itu, kencur juga bisa mengatasi masalah pernapasan lainnya yaitu batuk, sakit tenggorokan, hingga flu.

8. Mencerahkan kulit

Berdasarkan penjelasan di Halodoc, salah satu manfaat kencur untuk wajah yaitu dapat mencerahkan kulit wajah. Ekstrak kencur mengandung senyawa aktif yang bisa membuat kulit terlindungi dari sinar UV dan membuat kulit lebih cerah.

9. Mengurangi gejala penuaan dini

Manfaat kencur untuk wajah lainnya yaitu bisa mengurangi gejala penuaan dini seperti mengurangi garis halus, kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencerahkan kulit. Selain itu, kencur juga bisa membantu menyembuhkan eksim, gatal, luka bakar, dan infeksi dari jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini