Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

Bisnis.com,09 Jan 2023, 16:10 WIB
Penulis: Nuraini
Simak, Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh yang Jarang Diketahui (pixabay)

Bisnis.com, JAKARTA - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang populer. Bahkan, saat ini olahan teh hijau sudah sangat berkembang.

Selain bisa memberikan kesegaran, minum teh hijau juga dapat mendapatkan banyak khasiat untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat teh hijau untuk tubuh? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Teh Hijau

Berdasarkan penjelasan di Alodokter, teh hijau memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sejumlah nutrisi yang ada dalam green tea atau teh hijau, antara lain; energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Selain itu, teh hijau juga bersifat antioksidan, antikanker, dan antiradang.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang beragam membuat teh hijau memiliki banyak manfaat. Dikutip dari Alodokter, berikut beberapa manfaat minum teh hijau setiap hari yang dapat menunjang kesehatan tubuh.

1. Mencegah sel kanker

Salah satu manfaat teh hijau untuk wanita dan pria yaitu mencegah sel kanker, seperti; kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker lambung. Hal tersebut dikarenakan teh hijau memiliki polifenol yang bersifat antioksidan. Meskipun demikian, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

2. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat teh hijau bagi wanita dan pria lainnya yaitu mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan kerja insulin dan kadar gula pada penderita penyakit diabetes. Hal inilah yang membuat teh hijau aman untuk penderita diabetes.

3. Mencegah penyakit stroke dan jantung

Teh hijau juga diketahui bisa mencegah penyakit stroke dan jantung. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat teh hijau bagi kesehatan yaitu bisa menurunkan kolesterol total dan jahat atau LDL. Tak hanya itu, teh hijau diketahui memiliki kandungan asam fenolik yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat teh hijau untuk pria dan wanita lainnya yaitu bisa menurunkan darah tinggi. Teh ini diketahui bisa melemaskan otot pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, manfaat dari teh hijau ini juga ditunjang oleh kandungan polifenol.

5. Membakar lemak bagian perut

Sebuah studi menyebutkan bahwa teh hijau dapat membakar lemak bagian perut dan meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun demikian, manfaat teh hijau untuk diet ini tidak berlaku pada orang dewasa yang obesitas.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga bermanfaat untuk kecantikan. Dilansir dari Halodoc, berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kulit.

1. Menunda penuaan dini

Salah satu manfaat teh hijau bagi wajah yaitu bisa menunda penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bermanfaat untuk meremajakan sel kulit. Tak hanya itu, vitamin B2 yang terdapat di dalam teh hijau juga bisa membuat wajah terlihat lebih muda karena vitamin tersebut mampu menjaga kolagen dan mengencangkan kulit.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat teh hijau untuk wajah lainnya yaitu bisa mengobati jerawat. Manfaat teh hijau untuk jerawat ditunjang oleh kandungan polifenol dalam bahan alami tersebut. Kandungan polifenol bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian, wajah bisa terhindar dari jerawat.

3. Membuat kulit lebih lembap

Teh hijau diketahui mengandung vitamin E yang membuat kulit lebih ternutrisi dan terhidrasi. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih lembap dan sehat.

Itulah sejumlah manfaat teh hijau yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Meskipun demikian, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukan pola hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan rutin olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini