Konten Premium

Obsesi Tembaga Jokowi & Manis Pahitnya Buat Kongsi Panigoro-Salim

Bisnis.com,12 Jan 2023, 08:20 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengikuti acara peringatan HUT ke-50 PDIP di Jakarta, Selasa (10/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah sedang berupaya menghentikan izin ekspor konsentrat tembaga, yang ditarget berlaku mulai pertengahan tahun ini. Bila terealisasi, kebijakan tersebut bisa jadi pisau bermata dua bagi Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), penambang tembaga yang terkoneksi dengan Keluarga Panigoro dan konglomerat Anthoni Salim.

Janji untuk segera menghentikan ekspor tembaga sebenarnya telah disuarakan Jokowi sejak tahun lalu. Kalimat ini kemudian diulang eks Gubernur DKI Jakarta tersebut ketika berpidato dalam acara hari ulang tahun PDI Perjuangan, Selasa (10/1/2023).

Kata dia, penyetopan ekspor tembaga adalah bagian dari rencana pemerintah untuk menyukseskan pembentukan ekosistem kendaraan baterai. Selain nikel dan bauskit yang telah lebih dulu dibatasi ekspornya, tembaga digadang-gadang Jokowi jadi potensi besar Indonesia untuk menjaring cuan dari ekosistem mobil dan motor setrum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini