Ini 16 Agenda Prioritas Indonesia dalam Keketuaan Asean 2023

Bisnis.com,16 Jan 2023, 20:38 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Logo Indonesia yang memegang Keketuaan Asean 2023. Twitter: ASEAN.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menetapkan sejumlah agenda prioritas ekonomi untuk penanganan krisi multidimensi, yang diterjemahkan dalam 16 priority economic deliverables (PED) dalam periode Chairman atau Keketuaan Asean 2023.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Kamboja pada 13 November 2022, Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Chairmanship Asean 2023. Bertema Asean Matter: Epicentrum of Growth, periode Chairman Indonesia di Asean telah dimulai sejak 1 Januari 2023 dan berakhir pada 31 Desember mendatang.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi Pambudi menuturkan Indonesia menitikberatkan agenda-agenda prioritas yang tertuang dalam 16 PED dan 3 flagship events sepanjang 2023, di samping juga memperkuat arsitektur kesehatan kawasan.

“Koordinasi pilar ekonomi yang kita lakukan adalah untuk memastikan bahwa semua target capaian ini dapat tercapai pada masa Keketuaan Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (16/1/2023).

Edi menambahkan bahwa diperlukan penyesuaian linimasa pencapaian target prioritas ekonomi, khususnya yang akan disampaikan kepada Kepala Negara dalam KTT Asean ke-43. Rencananya, KTT tersebut dilaksanakan pada September mendatang.

Keseluruhan prioritas dan deliverables pada Chairmanship 2023 diharapkan dapat mendukung dan menjadi implementasi dari Asean Outlook on Indo-Pacific (AOIP) yang merupakan inisiatif Indonesia dalam merespon dinamika di kawasan Indo-Pasifik.

Edi menjelaskan bahwa AOIP memuat 4 area kerja sama, yakni konektivitas, maritim, pembangunan berkelanjutan, dan kerja sama ekonomi lainnya.

Menurutnya, menyampaikan beberapa kunci yang perlu diperhatikan untuk menyukseskan Asean Chairmanship 2023, mulai dari komunikasi yang intensif dengan para stakeholders hingga menjaga kekompakan dengan saling mendukung dan membantu antar kementerian/lembaga.

Daftar 16 priority economic deliverables (PED) yang ditetapkan Indonesia dalam Keketuaan Asean 2023 

Pemulihan dan Pembangunan Kembali

Ekonomi Digital

Keberlanjutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini