Konten Premium

Menilik Progres Kesiapan Infrastruktur Teknologi di IKN

Bisnis.com,18 Jan 2023, 18:33 WIB
Penulis: Leo Dwi Jatmiko
Titik Nol Nusantara dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. / BISNIS - Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah merampungkan desain infrastruktur teknologi dan telekomunikasi untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak tahun lalu. Terdapat sejumlah tantangan sebelum memulai pembangunan infrastruktur TIK di Ibu Kota baru tersebut.

Dirjen SDPPI Kemenkominfo Ismail mengatakan sejauh ini pemerintah belum menetapkan pihak yang akan ditugaskan untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di IKN. Namun demikian Kemenkominfo sampai dengan 2022 telah menyiapkan desain jaringan telekomunikasi di IKN Zona Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) -1A.1.

“Rencana desain sampai dengan 2024 akan mencakup keperluan layanan telekomunikasi dasar [konektivitas] bagi pelanggan ritel [mobile broadband], maupun wifi serat optik [fixed broadband], dan pelanggan korporasi yang sejalan dengan business nature penyelenggara telekomunikasi,” kata Ismail kepada Bisnis.com, Rabu (18/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'