Hasil India Open 2023, Fajar/Rian: Kami Menang Karena Bermain Nyaman

Bisnis.com,21 Jan 2023, 00:12 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Rian Ardianto di ajang Indonesia Open 2022/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto secara mulus dan tanpa kesulitan mengamankan tiket ke babak semifinal serta menjadi wakil ketiga dari Indonesia yang akan berlaga di semifinal India Open 2023.

Ganda putra nomor satu dunia ini lolos usai menaklukkan  ganda asal Jerman, Mark Lamsfuss/Marvis Seidel, di mana wakil Tanah Air berhasil menang melalui straight gim dengan skor 21-13 dan 21-13.

Pada pertandingan perempat final turnamen level BWF World Tour Super 750, Jumat (20/1/2023) malam WIB, Fajar/Rian terus menancapkan dominasinya sejak gim pertama.

Meskipun beberapa kali melakukan kesalahan pada awal babak, tetapi pasangan berjuluk Fajri ini berhasil merebut gim pertama dengan skor 21-13.

“Alhamdulillah bisa menang. Kami bisa menang karena berbekal sudah mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan. Karena di Malaysia Open lalu, kami nyaris kalah. Namun di sini saya juga tidak menyangka akan menang lebih mudah melawan mereka. Maklum di pertemuan terakhir di Malaysia Open juga tidak mudah,” kata Fajar, dikutip melalui pesan teks dari PBSI, Jumat (20/1/2023).

Berlanjut ke gim kedua, Fajar/Rian sempat melakukan sederet kesalahan fatal, hingga tertinggal 2-7. Tapi, dengan kualitas dan pengalamannya, FajRi berhasil mengejar dan membalikkan keadaan.

“Kami dari awal sudah menyiapkan strategi untuk mengalahkannya. Yaitu servis yang bervariasi. Mulai servis pendek, lob kanan dan kiri. Kami juga banyak main no lob,” ujarnya.

Dia mengaku performa mereka sejak Malaysia Open hingga India Open dapat dikatakan dibilang baik, sebab diakuinya keduanya bisa selalu menikmati setiap pertandingan.

“Kami hanya selalu fokus ke satu pertandingan ke pertandingan berikutnya,” imbuhnya.

Selanjutnya, dengan konsisten, Fajar/Rian terus menekan Lamsfuss/Seidel. Akhirnya, mereka mengunci kemenangan di game kedua dengan skor serupa, 21-13.

“Kami sudah mempelajari permainan lawan. Di Malaysia Open lalu, kami juga bertanding dengan tidak mudah dan menang rubber game dan bahkan di gim pertama cuma diberi angka di bawah 10,” kata Rian.

Di babak semi final, Fajar/Rian sudah ditunggu oleh ganda putra asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang berpotensi ancam posisi pasangan nomor 1 dunia tersebut.

“Besok melawan Soh/Aaron di semifinal, kami harus mewaspadai mereka. Seperti pasangan Malaysia lainnya, lawan memiliki pertahanan kuat dan sulit ditembus. Juga kualitas servis dan pembukaannya bagus. Kami akan diskusi dengan pelatih untuk mempersiapkan pertandingan besok,” pungkas Rian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ibad Durrohman
Terkini