Menpora: Nasib Liga 2 Bakal Ditentukan di KLB PSSI

Bisnis.com,26 Jan 2023, 10:47 WIB
Penulis: Newswire
Manpora Zainudin Amali/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut kelanjutan Liga 2 2022-2023 akan ditentukan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang.

Menpora Zainudin Amali menghormati keputusan kelanjutan Liga 2 yang akan dibahas di KLB PSSI oleh pengurus baru 2023-2027 pada 16 Februari mendatang.

Menurut Amali, hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mencari jalan keluar dari permasalahan Liga 2 dan Liga 3 yang dihentikan oleh PSSI.

"Saya kira itulah keputusannya. Presiden memberikan arahan ke saya untuk cari jalan keluar. Saya sebelumnya sudah mengundang PSSI, (PT) LIB, untuk berdiskusi. Dan kemudian mereka mengundang Liga 2 semalam, dan kemudian akhirnya diputuskan untuk direkomendasikan ke KLB PSSI dan menunggu keputusan baru," ucap Menpora Zainudin Amali, Rabu (25/1/2023).

Amali menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa masuk lebih dalam lagi terkait keputusan tersebut.

Sebab, PSSI dan PT LIB adalah dua lembaga yang punya wewenang untuk memutar kompetisi sepak bola di Indonesia.

Sebelumnya, pemilik klub Liga 2 bersama dengan perwakilan PSSI dan PT LIB melakukan audiensi terkait nasib dari kompetisi tersebut untuk musim 2022-2023.

Mayoritas klub Liga 2 masih ingin kompetisi dilanjutkan dan meminta agar usulan itu dibawa ke KLB PSSI bulan depan.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi sebelumnya mengatakan, nantinya, hasil rapat pemilik Liga 2 dibawa ke Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dan mereka yang akan memutuskan nasib kompetisi tersebut.

Di samping Liga 2, KLB juga akan menetapkan kelanjutan putaran nasional Liga 3 2022-2023 dan adanya promosi-degradasi di Liga 1 serta Liga 2.

KLB PSSI nanti juga akan ada pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini