Ini 6 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Bisnis.com,13 Feb 2023, 19:03 WIB
Penulis: Nuraini
6 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Buah anggur enak untuk dikonsumsi karena rasa daging buahnya yang asam dan manis, serta mengandung kadar air yang banyak.

Selain dari segi rasa, manfaat buah anggur cukup beragam karena kandungan gizi di dalamnya. 

Namun, konsumsi buah anggur secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Lantas, apa saja kandungan, manfaat, dan efek samping dari buah anggur? Simak penjelasan berikut ini.

Kandungan Anggur

Menurut panganku.org, setiap 100 g anggur mengandung gizi sebagai berikut. 

Manfaat Anggur Untuk Kesehatan 

Berkat kandungan nutrisi yang beragam, buah anggur mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat anggur untuk kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui. 

1. Melindungi tubuh dari infeksi

Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit yang menyerang tubuh. Buah anggur memiliki senyawa yang berperan sebagai antibakteri dan antivirus sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit infeksi.

2. Mencegah alzheimer

Manfaat buah anggur lainnya yaitu dapat mencegah alzheimer. Perlu diketahui bahwa alzheimer adalah penyakit pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berbicara dan berpikir, serta perubahan tingkah laku. 

Kandungan resveratrol di dalam anggur berperan dalam mengurangi tingkat amyloidal beta peptides sehingga kesehatan otak dapat meningkat dan mencegah seseorang dari penyakit alzheimer. 

3. Mencegah kram otot

Ibu hamil umumnya mengalami kram otot. Salah satu manfaat anggur untuk ibu hamil yakni dapat mencegah kram otot berkat kandungan magnesium di dalamnya. Oleh karena itu, anggur baik dikonsumsi selama masa kehamilan. 

4. Mencegah anemia

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat mencegah anemia. Hal ini karena anggur mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat memproduksi haemoglobin dalam darah.

4. Mengurangi risiko jantung

Buah anggur mengandung antioksidan kuat berupa resveratrol yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menghentikan kolesterol jahat yang menghambat pembuluh darah. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga dapat mengurangi Advanced Glycation End (AGE) yang menyebabkan penuaan sehingga proses penuaan dapat diperlambat. 

5. Membantu penyerapan nutrisi janin dan kesehatan mata janin

Manfaat anggur untuk ibu hamil juga dapat membantu proses penyerapan nutrisi dan menjaga kesehatan mata janin. Semua itu diperoleh dari kandungan vitamin B yang mendukung metabolisme ibu dalam menyediakan nutrisi untuk janin dalam kandungannya.  Sementara itu, kandungan flavonoid dan vitamin A pada anggur bisa menunjang kesehatan mata pada bayi. 

Efek Samping Buah Anggur

Meskipun memiliki banyak manfaat, buah anggur yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping, sebagai berikut.

1. Gangguan pencernaan

Rasa manis dari buah anggur berasal dari kandungan gula alami. Tingginya kadar gula alami tersebut dapat memperberat kerja pencernaan sehingga risiko gangguan pencernaan meningkat. Kandungan serat tidak larut dari buah anggur yang dikonsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan sembelit.

2. Peningkatan berat badan

Tingginya kandungan gula alami di dalam anggur juga dapat meningkatan berat badan, meskipun kandungan serat di dalamnya cukup tinggi. 

3. Menyebabkan gangguan lambung

Anggur tidak boleh dikonsumsi ketika perut masih dalam keadaan kosong karena dapat memicu kenaikan asam lambung, bahkan terjadi iritasi perut.

4. Menyebabkan sakit perut dan usus buntu

Biji buah anggur sulit untuk dicerna tubuh sehingga dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu, penumpukan biji di bagian usus buntu bisa memicu iritasi atau peradangan usus buntu.

5. Menyebabkan alergi

Bagi sebagian orang, efek samping buah anggur adalah alergi. Gejala-gejala yang timbul antara lain bercak-bercak pada kulit, sakit kepala, muntah, hingga gangguan pernapasan. 

Konsumsi buah anggur memberikan banyak manfaat. Namun, mengkonsumsinya secara berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini