Konten Premium

Resah Gagal Ginjal Akut

Bisnis.com,14 Feb 2023, 11:45 WIB
Penulis: Szalma Fatimarahma
Safitri Puspa, 42, ibu dari korban penyakit gagal ginjal akut mengenakan kaus bergambar putranya Panghegar Bhumi, 8, saat menghadiri sidang pendahuluan untuk gugatan class action yang diajukan terhadap pemerintah Indonesia dan perusahaan obat izin penjualan sirop obat batuk tercemar di pengadilan Jakarta, Indonesia, 17 Januari 2023. REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat kembali diresahkan dengan temuan dua kasus baru gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak di wilayah DKI Jakarta. Kasus yang sempat mereda pada akhir tahun lalu ini kembali ditemukan pada akhir Januari 2023.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, kasus pada anak usia berusia satu tahun di Jakarta Timur dinyatakan sebagai kasus konfirmasi gagal ginjal akut. Sedangkan, satu kasus lainnya diidentifikasi sebagai kasus suspek gagal ginjal akut.

Kondisi pasien berusia 7 tahun itu berangsur membaik usai menjalani perawatan intensif serta terapi obat fomepizole di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat yang merupakan salah satu rumahs akit (RS) rujukan perawatan kasus gagal ginjal akut pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini