Ngeri! Efek Bahan Kimia Muncul setelah Kereta di Ohio Meledak karena Kecelakaan

Bisnis.com,16 Feb 2023, 09:04 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Gumpalan asap hitam membubung di atas East Palestine, Ohio, akibat ledakan kereta api Norfolk dan Kereta Selatan yang tergelincir pada Senin, 6 Februari 2023/VCG via GlobalTimes

Bisnis.com, SOLO - Kecelakaan kereta di Ohio, Amerika Serikat yang terjadi pada awal Februari lalu, tepatnya pada Jumat (3/2/2023) membuat sejumlah pihak khawatir.

Pasalnya ribuan bahan kimia berbahaya tergelincir dan tumpah hingga menimbulkan kebakaran besar. Terlihat dari video yang beredar, asap gelap langsung mengepul ke udara dengan ketinggian 30 kilometer.

Terbaru, masyarakat panik menilik dampak yang akan terjadi akibat bahan kimia tersebut. Dilaporkan bahwa sejumlah hewan disekitar lokasi kejadian langsung mati.

Seorang pejabat Environmental Protection Agency (EPA) Ohio mengatakan material juga membunuh ikan-ikan yang ada sungai sekitar. Namun pihaknya mengklaim saluran air masih aman untuk diminum.

Wali Kota Trent Conaway mengakui rasa frustrasi yang dialami warganya dengan bau yang tersisa. Namun, ia berjanji bahwa akan segera menanggapi keluhan tersebut. Sementara itu, operator kereta api Norfolk Southern Railway akan melibatkan perwakilan EPA dalam pengujian udara. Ia juga menambahkan bahwa sistem air minum desa diuji setiap hari dan terbukti aman.

Bahkan tak berselang lama setelah kejadian pun, suhu lingkungan mulai berubah drastis. Dikhawatirkan, kereta juga akan meledak akibat kejadian tersebut.

Gubernur Mike DeWine pun langsung mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk segera mengungsi dan menghindari potensi berbahaya lainnya.

Api terus berkobar sepanjang akhir pekan dan penduduk setempat mengatakan hanya sedikit informasi yang disampaikan kepada mereka sampai malam tanggal 5 Februari.

Kronologi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
Tampilkan semua
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini