Daftar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang Ke-20

Bisnis.com,16 Feb 2023, 13:30 WIB
Penulis: Taufan Bara Mukti
Ketua Umum PSSI 2023-2027 Erick Thohir terpilih saat menyapa para Asprov yang akan melakukan pemungutan suara hari ini di Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI.

Bisnis.com, SOLO - Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Erick menjadi Ketua Umum (Ketum) PSSI yang ke-20.

Erick Thohir resmi menjadi Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Erick Thohir mendapat 64 suara dari voters yang merupakan anggota PSSI. Ia mengungguli pesaingnya yakni AA La Nyalla Mattalitti yang meraup 22 suara.

Adapun dua calon Ketum PSSI lainnya yakni Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi tak mendapatkan suara. Satu kandidat lagi yakni Fary Djemie Francis mengundurkan diri sehari sebelum KLB PSSI.

Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI yang ke-20 sepanjang sejarah. Ia menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang meletakkan jabatannya pada KLB PSSI kali ini.

Kehadiran Erick sebagai Ketua Umum PSSI memperpanjang daftar pemimpin federasi dengan background pengusaha.

Sebelumnya, ada nama La Nyalla Mattalitti dan Iwan Budianto yang juga berasal dari pengusaha sebelum menjadi Ketua Umum PSSI.

Bedanya, Iwan Budianto hanyalah Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI setelah Edy Rahmayadi mundur dan Joko Driyono terjerat kasus hukum.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI berasal dari latar belakang mantan pemain sepak bola, politisi, dan purnawirawan TNI-Polri.

Beberapa nama Ketua Umum PSSI yang tersohor antara lain Azwar Anas (1991-1999), Agum Gumelar (1999-2003), dan Nurdin Halid (2003-2011).

Daftar Ketua Umum PSSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini