Polri Gandeng Interpol Cari Keberadaan Dosen UII

Bisnis.com,20 Feb 2023, 12:28 WIB
Penulis: Lukman Nur Hakim
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo / Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - Polri berhasil berkoordinasi dengan Interpol untuk mendeteksi keberadaan dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) yang dikabarkan hilang di luar negeri.

Kadiv Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengatakan bahwa yang bersangkutan tidak hilang tetapi merubah rute perjalanannya.

“Yang bersangkutan tidak hilang. Tapi merubah rute tanpa beri tahu siapapun,” ujar Krishna saat dihubungi, Senin (20/2/2023).

Di sisi lain, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Kemenlu dan Interpol guna mencari dosen UII tersebut.

“Kita berkoordinasi dengan Kemlu dan perwakilan Interpol, atase kepolisian setempat dan KBRI,” ucap Dedi di Gedung Humas.

Sekadar informasi, KBRI Ankara dan KJRI Istanbul menerima sejumlah laporan kehilangan kontak dosen Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/2/2023), mengatakan bahwa AMRP dilaporkan melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia, tanggal 4 Februari dalam rangka tugas kampus dan seharusnya kembali pada tanggal 12 Februari melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines.

“Terakhir berkontak pada Minggu, 12 Februari 2023. Saat itu posisi berada di Bandara Oslo,” ucap istri AMRP dalam pesan WhatsApp yang diterima KBRI Ankara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini