Hikmah Puasa Ramadhan dan Dalilnya yang Wajib Diketahui

Bisnis.com,20 Feb 2023, 16:35 WIB
Penulis: Hana Fathina
Hikmah puasa Ramadhan dan dalilnya yang wajib diketahui

Bisnis.com, JAKARTA - Puasa Ramadhan bagi umat islam memberikan hikmah yang sangat luar biasa besarnya seperti yang disebutkan dalam beberapa hadits. Salah satu hikmah puasa Ramadhan yang paling utama adalah memperbanyak alam dan membentuk kepribadian muslim yang bertaqwa. 

Puasa Ramadhan menjadi kewajiban yang sudah ditetapkan oleh Allah bagi hamba-Nya yang beriman. Kewajiban puasa Ramadhan ini disebutkan dalam firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah ayat 183. 

“Wahai orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada umat sebelummu agar kamu bertaqwa (QS. Al-Baqarah: 183)

Berikut ini adalah beberapa hikmah puasa Ramadhan dan dalilnya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa” (QS. Al Baqarah: 183)

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa  di bulan Ramadhan hingga kenyang, maka Allah akan memberinya dari telagaku (telaga Rasulullah SAW) dimana seteguk air itu menjadikannya tidak akan merasa haus selama-lamanya hingga ia masuk ke surga” 

“Barang siapa yang melaksanakan puasa ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu” (Hadis Shahih, Riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266). 


“Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

oatha kan yom som ahdkm fla yrfth ola yskhb fan sabh ahd ao katlh flykl an amro saym

“Jika kalian seseorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah berkata kotor, dan jangan pula bertindak bodoh. Jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya. Hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa. (HR. Bukhari no. 1904 dan muslim no. 1151)

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: 

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah ta’ala berfirman (yang artinya) “kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan ia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku (HR. Muslim). 

mn sam rmdan aymana oahtsaba ghfr lh ma tkdm mn thnbh omn kam lyl alkdr aymana oahtsaba ghfr lh ma tkdm mn thnbh


“Siapa yang puasa ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari Muslim)

an fy algn baba ykal lh : alryan ydkhl mnh alsaymon yom alkyam la ydkhl mnh ahd ghyrhm ykal : ayn alsaymon fykomon la ydkhl mnh ahd ghyrhm fatha dkhloa aghlk flm ydkhl mnh ahd

“Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut dengan pintu ar-rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu, “manakan orang-orang yang berpuasa?”. Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tida  ada lagi  yang bisa memasukinya” 

ya baghy alkhyr hlm oya baghy alshr aksr

”wahai orang-orang yang menghendaki kebajikan, bergembiralah dan wahai orang-orang yang menghendaki keburukan tahanlah dirimu” (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa’i: 2080 dan Ahmad: 18042, dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i)


Itulah beberapa hikmah puasa Ramadhan yang perlu kamu ketahui. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini