Jokowi Restui Menpora Zainudin Mundur dan Urus PSSI, Siapa Penggantinya?

Bisnis.com,21 Feb 2023, 12:21 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Ketua Umum PSSI 2023-2027 Erick Thohir saat Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Ketua PSSI yang resmi dibuka oleh Menpora Zainudin Amali dan Pak M. Iriawan (Iwan Bule).

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah mendapatkan lampu hijau darinya untukfokus menangani sepak bola (PSSI).

Meski begitu, Kepala Negara mengatakan bahwa keputusan dari Wakil Ketua Umum I PSSI tersebut belum ditetapkan secara resmi, sehingga dapat diartikan bahwa Zainudin masih menjadi bagian dari jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Secara resmi belum [dinyatakan mundur], tertulis belum, tetapi secara informal [melalui laporan saat pertemuan dengan PSSI] sudah,” ujarnya kepada wartawan usai melakukan pengecekan isasi Sungai Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Lebih lanjut, Jokowi juga tak membocorkan siapa yang nantinya akan menjadi pengganti Zainudin Amali, tetapi dia memastikan akan segera menyatakan ketika keputusan resmi telah dia tetapkan.

“[Nama] penggantinya nanti kalau sudah ada [nama] resminya baru saya bicara,” pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Zainudin Amali mengaku sudah mendapatkan restu dari Presiden RI Ke-7 ini untuk berfokus menangani sepak bola.

Hal ini disampaikannya usai pertemuan bersama Kepala Negara bersama dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum (Waketum) II PSSI Ratu Tisha Destria, dan para Exco PSSI di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (20/2/2023).

“Jadi, saya sudah dapat izin dari Bapak Presiden untuk konsentrasi dan fokus mengurus sepak bola,” ujarnya saat ditemui di Kantor Presiden, Senin (20/2/2023).

Meski begitu, Wakil Ketua Umum I PSSI itu irit bicara saat menerjemahkan fokus tersebut dapat diartikan sebagai keputusannya untuk mundur dari kabinet Indonesia Maju, yaitu sebagai Menpora.

“Begini kan saya sudah sampaikan saya akan konsentrasi dan fokus di sepa bola kemudian Presiden mengizinkan. Silahkan [artikan sendiri]. Sudah? Oke? Masa yang begitu harus diterjemahkan panjang-panjang lagi,” tandas Zainudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini