Jokowi Ingin Normalisasi Kali Ciliwung Dikebut, Target Selesai 2024

Bisnis.com,21 Feb 2023, 14:19 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Normalisasi sungai untuk menghindari Jakarta dari banjir./Pemprovdki

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa proyek normalisasi Kali Ciliwung akan segera dilanjutkan kembali setelah terhenti cukup lama.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau langsung proyek normalisasi Kali Ciliwung yang ada di Jalan Inspeksi Ciliwung, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, pada Selasa (21/2/2023). 

"Ya ini [normalisasi] Kali Ciliwung ini tinggal 17 kilo (meter), kira-kira 17 km. Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai karena sudah ada beberapa titik yang sudah dibebaskan misalnya di Rawajati segera bisa dimulai konstruksinya, sheet pile-nya oleh Kementerian PU," ujarnya, Selasa (21/2/2023).

Tidak hanya di kawasan Rawajati, Presiden RI Ke-7 ini menyebut proyek isasi di kawasan Pengadegan juga akan dilanjutkan pengerjaannya. Bahkan, pembayaran untuk pembebasan lahan akan dimulai esok hari.

"Sehingga nanti titik-titik yang sudah dibebaskan langsung konstruksinya jalan," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden asal Surakarta ini juga memberikan target kepada para pihak terkait untuk menyelesaikan proyek normalisasi Kali Ciliwung pada akhir  2024 mendatang. Jokowi meyakini proyek normalisasi Kali Ciliwung akan mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta.

"Ini akan mengurangi, sangat akan mengurangi yang namanya banjir karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi," tuturnya.

Kepala Negara menambahkan bahwa masih terdapat 12 sungai di DKI Jakarta yang akan dilakukan normalisasi. Meski fokus pada Kali Ciliwung, namun normalisasi 12 sungai lainnya juga akan segera dimulai.

"Semuanya dimulai, semuanya dimulai tapi kita akan fokus, konsentrasi di Ciliwung," ucapnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini