Begini Cara Menghitung Persen, Rumus, serta Contohnya

Bisnis.com,21 Feb 2023, 11:33 WIB
Penulis: Hana Fathina
Cara menghitung persen/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Cara menghitung persen sangat penting untuk kamu ketahui. Karena, persentase dekat dengan kehidupan sehari-hari terutama di bidang jual-beli dan perdagangan. Dengan mengetahui besaran persentase akan membantu seseorang mengetahui nilai suatu data atau hasil yang sedang dihitung. 

Mengetahui bagaimana persentase dihitung membantu individu dan bisnis untuk mengetahui nilai dari data atau hasil yang dihitung. Sebelum melanjutkan ke rumus untuk menghitung persentase, tentukan dulu apa yang dimaksud dengan persentase atau persen itu sendiri. 

Berikut ini beberapa cara menghitung persen yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Rumus persen

Persen (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) X 100%. 

Rumus persen yang umum adalah untuk menghitung persentase, angka harus dianggap sebagai bagian dari keseluruhan dan ditulis 100%. Rumus persen ini juga bisa digunakan untuk mengonversi rasio atau pecahan ke format persentase. Juga format persentase yang bisa dikonversi ke pecahan tertentu. 

2. Rumus persentase pada excel

Rumus presentase ini ternyata tidak hanya bisa dikerjakan secara manual, ada beberapa fitur-fitur pada excel yang bisa digunakan untuk menghitung persentase. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghitung persentase dengan menggunakan excel: 

3. Cara menghitung persen dengan kalkulator

Maka di kalkulator cara menghitungnya adalah: 


Di sebuah toko sepatu ada diskon sebesar 20%. Kemudian harga awal sepatu itu 300 ribu rupiah, jadi berapa harga sepatu setelah mendapatkan diskon?

Rp.90.000 – Rp.27.000 = Rp.63.000


Itulah beberapa cara menghitung persen yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini