Lini Bisnis Asian Agri, PT Inti Indosawit Subur Terima Penghargaan Program PSR

Bisnis.com,27 Feb 2023, 22:43 WIB
Penulis: Arif Gunawan
PT Inti Indosawit Subur, unit bisnis Asian Agri menerima Penghargaan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atas produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) terbaik dengan pola kemitraan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Inti Indosawit Subur, unit bisnis Asian Agri menerima Penghargaan Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atas produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) terbaik dengan pola kemitraan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Penghargaan diberikan karena perusahaan telah berhasil menjalin kemitraan dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Sawit Subur sehingga capaian produktivitas TBS terbukti di atas rata-rata. Pemberian penghargaan dilakukan pada acara Rapat Koordinasi Kelapa Sawit Nasional yang diselenggarakan di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Senin (27/2/2023).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa diperlukan kerja sama yang baik di antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, asosiasi dan juga perusahaan dalam menyukseskan dan mengakselerasi program PSR agar pendapatan rakyat meningkat.

Oleh karena itu diperlukan kebijakan dan koordinasi yang efektif di antara kelembagaan, gugus tugas dan juga para asosiasi dan juga perusahaan.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan dari Kementerian Pertanian. Dukungan kami tidak terbatas pada program PSR saja, namun kami ikut turun langsung bersama petani dan memberikan bimbingan dalam perawatan kebun saat tanaman belum menghasilkan hingga menghasilkan,” ujar Head of Operation Asian Agri Omri Samosir.

Sementara Ketua KUD Sawit Subur Bambang Haji Sutjipto menyampaikan pihaknya telah bermitra dengan Asian Agri sejak Program Transmigrasi Pemerintah tahun 1991.

"Dengan ini kami telah melihat bagaimana Perusahaan mengelola kebun kelapa sawit dengan baik, sehingga kami terus melanjutkan kemitraan ini.” Ujarnya. 

KUD Sawit Subur berlokasi di Desa Kampung Baru, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Sejak 2019-2022, melalui pola kemitraan yang dibina oleh Asian Agri dengan dukungan dana bantuan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), pencapaian produktivitas TBS KUD Sawit Subur adalah sebesar 19,19 ton/hektare/tahun dalam kurun waktu TBM 3 (P3). Ini merupakan bukti nyata bahwa PSR dapat meningkatkan produktivitas TBS kelapa sawit, karena usia tanaman 30 bulan sudah dapat menghasilkan TBS.

Asian Agri berkomitmen untuk memberikan dukungan dan bimbingan dalam penerapan best management practices dan juga penyediaan benih kelapa sawit berkualitas tinggi (Topaz) yang dapat menunjang produktivitas TBS petani kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini