Fitur Baru Satu Sehat Pengganti PeduliLindungi untuk Pengguna iOS

Bisnis.com,01 Mar 2023, 12:39 WIB
Penulis: Rahmi Yati
Ilustrasi Satu Sehat Mobile. / Dok. Aplikasi Satu Sehat

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi telah resmi berganti nama jadi Satu Sehat Mobile. Namun ternyata, pembaruan fitur baru ditujukan untuk pengguna iOS, sedangkan Android akan menyusul dalam waktu dekat.

"Tahap awal pembaruan ditujukan untuk pengguna iOS ya, sementara untuk Android menyusul dalam waktu dekat," demikian dikutip dari Instagram @kemenkes_ri, Rabu (1/3/2023).

Adapun fitur baru yang dihadirkan dalam aplikasi Satu Sehat Mobile ini antara lain Vaksin dan Imunisasi Anak, Resume Medis Elektronik, Hasil Tes Laboratorium, dan Diari Kesehatan.

Sementara itu pada aplikasi tersebut, pengguna juga tetap bisa menikmati fitur PeduliLindungi sebelumnya seperti Chek-in di ruang publik, cek sertifikat vaksin Covid-19, dan hasil antigen/PCR near real-time.

Sekadar informasi, sejak Selasa (28/2/2023) malam, aplikasi PeduliLindungi telah resmi berganti jadi Satu Sehat Mobile.

Lewat aplikasi baru ini, masyarakat diklaim akan mendapatkan fitur dan layanan kesehatan yang terintegrasi hanya dalam satu genggaman.

"Satu Sehat Mobile merupakan transformasi dan pengembangan dari PeduliLindungi yang akan menjadi gaya hidup baru masyarakat agar tetap sehat dan makin sehat," demikian dikutip dari akun Instagram PeduliLindungi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sebelumnya mengatakan Satu Sehat ini merupakan aplikasi masyarakat yang nantinya tidak hanya berisi riwayat tentang vaksinasi, tetapi juga riwayat kesehatan lainnya seperti pemeriksaan laboratorium yang pernah dilakukan.

"Termasuk juga riwayat catatan medis kita," ujarnya.

Sejak Senin (27/2/2023), aplikasi Satu Sehat Mobile telah mulai meminta izin untuk mengakses data kesehatan pengguna aplikasi PeduliLindungi. 

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Senin (27/2/2023), Satu Sehat Mobile mulai meminta pengguna PeduliLindungi untuk memberikan izin mengakses data kesehatan.

Perubahan informasi kesehatan itu terdapat pada bagian Preference di aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi meminta persetujuan pengguna untuk perubahan akses data ke Satu Sehat Mobile.

Perubahan ini dapat ditemukan di bagian Account > Preference > Health Information Exchange (Beta) > Provide Access to Satu Sehat. Jika setuju, pengguna bisa geser tombol di bagian Provide Access to Satu Sehat ke sebelah kanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'