IHSG Berpotensi Rebound Lanjutan, Simak Saham ELSA, PGAS, ANTM, dan PTBA

Bisnis.com,03 Mar 2023, 08:14 WIB
Penulis: Setyo Aji Harjanto
Pegawai mengamati layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melakukan rebound lanjutan pada perdagangan hari ini, Jumat (3/3/2023). Adapun saham pilihan hari ini antara lain, ELSA, PGAS, ANTM, dan PTBA.

Tim riset Phintraco menyebut Indikator MACD terbentuk goldencross, didukung Stochastic RSI yang cenderung bergerak naik ke overbought area.

"Hal ini membuka peluang rebound lanjutan IHSG ke pivot level 6870-6890 di Jumat (3/3)," tulis tim riset Phintraco Sekuritas, dikutip Jumat (3/3/2023).

Penguatan lanjutan dari saham-saham komoditas di Kamis (2/3) diperkirakan akan kembali menopang IHSG di akhir pekan (3/3).

Hal ini, ucap Phintraco, didorong dari rebound lanjutan pada harga komoditas menyusul kenaikan Indeks Manufaktur Tiongkok di Februari 2023.

Phintraco pun merekomendasikan untuk mencermati saham-saham komoditas seperti ELSA, PGAS, PTBA, TINS dan ANTM yang memiliki peluang rebound lanjutan.

"Dari data ekonomi, sejumlah negara seperti AS, Kawasan Eropa dan Inggris akan merilis data indeks manufaktur di Jumat (3/3) yang diperkirakan naik di Februari 2023. Kenaikan ini berpotensi mendorong peningkatan demand dan rebound lanjutan dari harga komoditas," tulis Phintraco.

Senada, Tim analis RHB Sekuritas menyebut, IHSG terlihat melakukan rebound dari support garis MA50 sekaligus support sideways channel namun dengan volume rendah untuk menguji resistance garis MA100.

"Jika mampu breakout resistance garis MA100 maka berpeluang untuk kembali menguat dan menguji resistance garis MA200," tulis RHB Sekuritas dalam riset hariannya, Jumat (3/3/2023).

RHB menyebut apabila IHSG tidak mampu breakout resistance garis MA100 maka berpeluang untuk kembali melakukan koreksi dan menguji support garis MA50.

"Range pergerakan IHSG saat ini berada dikisaran 6800 hingga 6900," tulis RHB.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ibad Durrohman
Terkini