Heru Budi Kaji Relokasi Korban Depo Pertamina Plumpang ke Wisma Atlet

Bisnis.com,07 Mar 2023, 17:26 WIB
Penulis: Nabil Syarifudin Al Faruq
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono lebih memilih Mobil Kijang Innova ketimbang mobil listrik karena dirinya bukan seorang pejabat.  JIBI/Bisnis - Nabil Syarifudin Alfaruq

Bisnis.com, JAKARTA — Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tengah mengkaji relokasi warga terdampak kebakaran Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara. Saat ini sebagian warga masih mengungsi di RPTRA Rasella dan Kantor PMI Jakarta Utara.

Rencana pengkajian tersebut merespon wacana DPRD DKI Jakarta yang merekomendasikan warga yang terkena dampak dari Depo Pertamina untuk dipindahkan Wisma Atlet atau ke Rusunawa Nagrak.

“Kalau warga akan direlokasi ke Wisma Atlet, saya mempersilahkan saja, dan saya siap,” jelas Heru dalam Focus Group Discussion dengan tema Peran Alumni ITS dalam Memperkuat Energi Keberlanjutan dari Jakarta untuk Indonesia, di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Adapun terkait dengan konsep relokasi, Heru mengatakan, bahwa dirinya akan mengikuti pemerintah pusat, di mana Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk membentuk buffer zone di lokasi tersebut.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengatakan, Pemda DKI perlu berkoordinasi dengan pihak Kementrian Sekretariat Negara (Mensesneg) untuk memindahkan warga yang rumahnya terbakat ke Wisma Atlet Pademangan.

Pemda DKI juga bisa menjadikan Rusunawa Nagrak sebagai tempat tinggal sementara para korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, karena saat ini banyak tempat yang kosong.

“Ini keadaannya darurat, saya yakin Mensesneg langsung ngasih itu kalau Pemda DKI mau minta untuk itu ditempatin oleh saudara kita yang sedang kena musibah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini