Efek Domino Kasus Pajabat Pamer Harta, Sri Mulyani Dicecar, 2 Pejabat Dipecat, Rakyat Emoh Bayar Pajak

Bisnis.com,09 Mar 2023, 11:23 WIB
Penulis: Hesti Puji Lestari
Menkeu Sri Mulyani menggelar konferensi pers terkait status pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, Jumat (24/2/2023). Dok. Antara

Bisnis.com, SOLO - Kasus penganiayaan yang menyeret anak pejabat pajak Eselon III ternyata membawa efek domino yang luar biasa bagi instansi Kemenkeu.

Anak Rafael Alun Trisambodo, Mario Dandy, melakukan penganiayaan kepada David Oza pada 20 Februari 2023. Namun bukan hanya penganiayaan yang jadi sorotan warganet.

Arogansi dan sifat suka pamer harta Mario Dandy membuat netizen menguliti harta kekayaan ayahnya. Tercatat, Rafael Alun Trisambodo memiliki harta Rp56 miliar menurut LHKPN 2021.

Angka ini dianggap tidak sesuai dengan profil RAT yang hanya sebagai pejabat pajak Eselon III. Warganet kemudian kembali mencari seluk beluk harta kekayaan RAT.

Dari hasil penyidikan, muncul kasus baru jika beberapa harta RAT tidak terdaftar atas namanya. Bahkan Rubiconnya tercatat milik salah satu masyarakat yang tinggal di gang sempit dan merupakan penerima BLT.

Kemenkeu, PPATK, dan KPK kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut. Hasilnya, ada transaksi janggal senilai Rp500 miliar dari sejumlah rekening milik RAT dan keluarganya.

Rafael Alun Trisambodo kembali diselidiki oleh KPK hingga dipecat oleh Kemenkeu tanpa uang pensiun. Kabar terbaru menyebut jika ada transaksi yang lebih besar lagi dari Kemenkeu. Informasi ini dibeberkan oleh Mahfud MD.

Mahfud MD juga menegaskan apabila sebagian besar pergerakan dana mencurigakan itu ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai.

"Ada pergerakan mencurigakan sebesar Rp 300 T di lingkungan Kementerian Keuangan, yang sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai” kata Mahfud.

Efek domino makin menggila...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
Tampilkan semua
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hesti Puji Lestari
Terkini