8 Hal Yang Harus Dilakukan dan Dipersiapkan Sebelum Bulan Ramadan

Bisnis.com,10 Mar 2023, 11:20 WIB
Penulis: Elsa Hayati Sukma
Ilustrasi ucapan puasa Ramadan/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ramadan menjadi bulan penuh kemuliaan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim.

Dengan melimpahnya keutamaan bulan ramadan menjadi kabar gembira untuk umat muslim berbondong-bondong melakukan segala amal dan ibadah.

Pada bulan yang mulia ini menjadi salah satu bulan pengampunan dosa, dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka, dilipatgandakan pahala-pahala ibadah, terbukanya meraih lailatul qadar.

Melalui bulan suci ramadan ini umat muslim diharuskan untuk menahan kesabaran dan menahan dari berbagai godaan agar tetap berada di jalan kebenaran. Tidak heran jika menyambut bulan suci ramadan kita perlu menjaga kondisi, iman serta taqwa kita kepada Allah SWT.

Memasuki bulan ramadan yang tinggal menghitung hari, Adapun hal-hal yang dipersiapkan menjelang bulan ramadan datang:

1. Menguatkan Iman dan Taqwa

Hal yang paling utama yang perlu dilakukan menjelang bulan ramadan dengan mendekatkan diri pada yang maha kuasa. Persiapan iman dan taqwa ini berupa pengendalian diri, menjaga hati agar ikhlas, bersih dari penyakit hati seperti iri,dengki, dendam.

Oleh karena itu perlu untuk lebih rajin membaca Al-Quran dan beribadah dengan tepat waktu dan tetap teguh dalam menjalankan puasa.

2. Bertaubat

Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Pada bulan puasa ini menjadi salah satu bulan yang melimpah pahalanya dengan dibukanya pintu surga. Oleh karena itu bertaubat menjadi salah satu yang perlu dilakukan sebelum bulan ramadan untuk memohon pengampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat.

3. Melunasi utang Puasa

Mengalami kondisi-kondisi tertentu seperti sakit, hamil, datang bulan yang membuat tidak berpuasa. Jika mengalami kondisi tersebut maka perlu untuk melakukan puasa Qadha atau membayar puasa untuk melunasi hutang-hutang puasa tersebut sebelum memasuki bulan suci ramadan.

4. Bersedekah

Menyisihkan sebagian harta untuk persiapan bersedekah, infaq dan zakat pada bulan ramadan. Semakin banyak amalan bersedekah di bulan ramadan semakin banyak pahala yang diterima.

5. Memperdalam Ilmu Agama

Tidak hanya bulan puasa, memperdalam ilmu agama dapat dilakukan kapan saja bahkan ketika menjelang bulan puasa anda dapat melakukannya untuk memperdalam ilmu lebih banyak agak amalan ibadah yang telah diperbuat di bulan ramadan tidak sia-sia.

6. Melatih Diri

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan segala emosi, menahan pada perbuatan maksiat dan menahan diri untuk melakukan hal negatif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan perlahan-lahan untuk menahan dan mengendalikan diri dari segala perbuatan-perbuatan negatif.

7. Melakukan Ziarah

Menjelang bulan suci ramadan biasanya para keluarga mengunjungi makam atau berziarah ke keluarga dan sahabat untuk berdoa bersama mendoakan yang telah tiada.

8. Menjaga Kesehatan Tubuh

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh disaat puasa, sebelum puasa dimulai mari menjaga kesehatan tubuh dengan memakan makanan yang bergizi, minum vitamin, mempersiapkan obat untuk bulan puasa dan jangan lupa untuk rajin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini