Saat Indonesia Geger Merapi Erupsi, China Heboh karena Fenomena Hujan Cacing

Bisnis.com,12 Mar 2023, 13:46 WIB
Penulis: Hesti Puji Lestari
Viral hujan cacing di China

Bisnis.com, SOLO - Gunung Merapi mengalami erupsi pada 11 Maret 2023 kemarin. Pada saat yang hampir bersamaan, China disebut dilanda hujan cacing.

Gunung Merapi kembali mengalami erupsi, bahkan hingga Minggu 12 Maret 2023 siang, gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut masih mengeluarkan asap panas. Beberapa kecamatan diminta waspada dan melakukan mitigasi.

Lain Indoensia lain pula China. Pada saat yang hampir bersamaan, negeri pimpinan Xi Jinping itu dihebohkan dengan fenomena hujan cacing.

Dilansir dari Outlook India, warga di Provinsi Liaoning, China dilaporkan diminta untuk mencari perlindungan setelah kota tersebut dilanda fenomena aneh.

Bagaimana tidak, makhluk atau benda mirip cacing dari langit turun dan menghujani provinsi tersebut.

Dalam sebuah video klip yang diuggah oleh @antoniosabatorjr yang viral, cacing tanah tampak tersebar di seluruh mobil dan jalanan Liaoning.

Beberapa orang berpendapat bahwa benda yang tampak berlendir itu bukanlah cacing melainkan bunga poplar atau pohon tulip yang bunganya menyerupai cacing tanah.

“Ini bukan cacing atau binatang, tapi tangkai bunga yang jatuh dari pohon,” kata seorang pengguna di Twitter. 

Di sisi lain, menurut jurnal ilmiah Mother Nature Network, penjelasan yang paling mungkin dari kejadian tersebut adalah bahwa benda menyerupai cacing tersebut tersapu angin kencang dan kemudian jatuh ke seluruh kota.

Masih menurut jurnal tersebut, fenomena hujan cacing ini memang bisa terjadi ketika serangga terperangkap dalam pusaran air saat badai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hesti Puji Lestari
Terkini