Rekomendasi Saham Koleksi Boy Thohir, ADRO, ADMR & ESSA

Bisnis.com,13 Mar 2023, 18:06 WIB
Penulis: Annisa Kurniasari Saumi
Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), di kediamannya di Jakarta, Indonesia. - Bloomberg/Muhammad Fadli

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten-emiten milik konglomerat Garibaldi ‘Boy’ Thohir memanen untung sepanjang tahun 2022. Hal ini berimbas kepada prospek saham PT PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), dan PT Surya Esa Perkasa Tbk. (ESSA).

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti melihat prospek emiten-emiten milik Boy Thohir ke depan cenderung bervariasi. Desy memperkirakan prospek ADRO, ADMR dan ESSA akan cenderung baik secara jangka menengah, melihat kinerja dan pengembangan bisnis yang dilakukan.

“Pengembangan bisnis ADRO, ADMR, dan ESSA dapat mendongkrak kinerjanya secara konsolidasi,” ujar Desy kepada Bisnis, dikutip Senin (13/3/2023).

Dia menjelaskan, peluang bagi ADRO datang dari sisi kinerjanya yang kuat, yang didorong oleh penguatan permintaan dan harga penjualan rata-rata atau average selling price (ASP), serta diversifikasi bisnis ke bidang energi bersih. Demikian pula dengan ADMR yang kinerjanya cukup baik dan pengembangan smelter aluminium yang saat ini tengah digarap.

“Hanya saja, tantangan ADRO dan ADMR saat ini yaitu dari sisi fluktuasi harga komoditas, kenaikan tarif royalti, dan perlambatan ekonomi global yang dapat mempengaruhi permintaan, serta rencana pengenaan carbon tax,” ucap Desy.

Untuk ESSA menurutnya kinerja emiten gas ini akan cukup baik karena harga gas yang cukup tinggi terimbas keterbatasan pasokan global. Selain itu, pengembangan bisnis amonia ESSA menurut Desy akan menjadi peluang, seiring dengan dorongan pemerintah dalam pemanfaatan energi terbarukan.

“Terlebih, untuk amonia juga sepenuhnya diekspor, sehingga kenaikan harga turut mempengaruhi kinerja keuangan ESSA. Lalu, dari sisi gas LPG juga realisasi harganya meningkat,” kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, produksi LPG terlihat hanya naik terbatas dibanding produksi amonia yang kenaikannya cukup besar di kuartal III/2022. Dominasi gas amonia saat ini ditujukan untuk industri pupuk. Adapun untuk gas LPG sendiri, digunakan untuk bahan bakar dalam memasak, juga industri konstruksi seperti steel workshop sebagai bahan bakar las.

Tantangan bagi ESSA menurutnya akan datang dari sisi fluktuasi harga dan realisasi pembangunan amonia.

Pilarmas Investindo Sekuritas merekomendasikan buy untuk ADRO dengan target price (TP) atau target harga Rp4.000 per saham, ESSA dengan TP Rp1.300, dan ADMR dengan target Rp1.130-Rp1.270.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini