Perekonomian Jawa Tengah, Begini Hasil Survei Bank Indonesia

Bisnis.com,13 Mar 2023, 17:15 WIB
Penulis: Alif Nazzala Rizqi
Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Jawa Tengah./Bank Indonesia.

Bisnis.com, SEMARANG - Survei konsumen yang dilakukan Bank Indonesia pada Februari 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap perekonomian Jawa Tengah yang tetap kuat. 

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 127,98 dan masih berada pada level optimistis.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan bahwa optimisme konsumen Jawa Tengah yang masih kuat ini sejalan dengan perkembangan optimisme konsumen secara nasional. 

"Kuatnya optimisme konsumen juga terindikasi dari seluruh lokasi survei di Jawa Tengah, yaitu Semarang, Solo, Purwokerto, dan Tegal," kata Rahmat, Senin (13/3/2023).

Menurutnya, optimisme masyarakat juga ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang berada pada level optimis. Kondisi ini didukung oleh level Indeks Penghasilan Konsumen dan Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja yang masih kuat.

Ia menjelaskan, optimisme konsumen diprakirakan masih kuat sebagaimana level Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang juga masih berada pada level optimis. 

"IEK pada Februari 2023 tercatat sebesar 139,81 yang didukung oleh ekspektasi penghasilan konsumen, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi kegiatan usaha yang masih tinggi," katanya.(k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini