PM Inggris Angkat Bicara soal Hubungan Mesra China dan Rusia

Bisnis.com,14 Mar 2023, 12:19 WIB
Penulis: Hesti Puji Lestari
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela-sela KTT G20 Bali, Indonesia, Rabu (16/11/2022) - Dok. Twitter @RishiSunak.

Bisnis.com, SOLO - Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, akhirnya buka suara tentang mesranya hubungan China dan Rusia belakangan ini.

Komentar tersebut disampaikan Sunak dalam wawancara eksklusif dengan NBC Nightly News di San Diego pada Minggu, 12 Maret 2023 kemarin.

Pada wawancara tersebut, Rishi Sunak menyoroti isu China yang akan mengirim bantuan senjata ke Rusia dalam perang melawan Ukraina.

Terkait hal tersebut, Rishi Sunak mengatakan jika ini akan menjadi “perkembangan yang sangat mengkhawatirkan dan berbahaya.”

Pejabat tertinggi Inggris tersebut juga kembali menegaskan jika seharusnya tak ada satupun negara di dunia yang mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Pernyataan Rishi Sunak ini erat kaitannya dengan rencana kunjungan Xi Jinping ke Rusia minggu depan.

Di sisi lain, Rishi Sunak, Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga telah melakukan pertemuan di San Diego pada Senin, 13 Maret 2023 kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, ketiganya sepakat akan mengirim kapal selam nuklir ke Australia. Ini menjadi keputusan yang cukup mengagetkan.

Sebab sebelumnya, Biden menjadi orang yang tidak mendukung pengiriman kapal selam nuklir langka tersebut ke negara lain. 

Jika nanti rencana terwujud, maka Australia akan menjadi negara kedua setelah Inggris yang mendapat izin untuk menggunakan kapal perang nuklir langka milik Angkatan Laut AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hesti Puji Lestari
Terkini