Kenapa Signature Bank jadi Korban Selanjutnya dari Geger Silicon Valley Bank (SVB)?

Bisnis.com,14 Mar 2023, 07:04 WIB
Penulis: Asahi Asry Larasati
Kantor pusat Signature Bank di 565 Fifth Avenue, New York, AS, Minggu (12/3/2023). /Bloomberg- Jeenah Moon

Bisnis.com, JAKARTA - Kejatuhan Silicon Valley Bank (SVB) diikuti oleh Signature Bank. Bank dengan kantor pusat di New York itu dinyatakan diambil alih regulator negara bagian pada Minggu (12/3/2023).

Penutupan ini memperpanjang kegagalan terbesar dalam sejarah perbangkan Amerika Serikat (AS), setelah pihak berwenang gulung Silicon Valley Bank (SVB) dalam keruntuhan yang menyebabkan miliaran deposito hilang.

Dilansir dari Reuters pada Senin (13/3/2023), Departemen Jasa Keuangan negara bagian New York mengatakan Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) mengambil alih kendali atas Signature, yang memiliki aset sebesar US$110,36 miliar dan deposito sebesar US$88,59 miliar pada akhir 2022. 

"Semua deposan Signature Bank dan Silicon Valley Bank akan dibayar penuh, dan tidak ada kerugian yang akan ditanggung oleh pembayar pajak," kata pihak Departemen Keuangan AS dan regulator bank lainnya.

Kegagalan Signature disebabkan kendala yang sama dengan Silicon Valley Bank yang mengalami penarikan dana besar besaran dan berakhir bangkrut pada Jumat. Kondisi ini merupakan yang terbesar kedua dalam sejarah AS setelah Washington Mutual, yang runtuh selama krisis keuangan 2008.

Para investor terkejut dengan kecepatan SVB yang berfokus pada startup, pemberi pinjaman terbesar ke-16 di AS, digulingkan oleh penarikan dana nasabah. Kejadian minggu lalu menghapus lebih dari US$100 miliar nilai pasar dari bank-bank AS, mendorong tindakan cepat dari para pejabat pemerintah pada akhir pekan untuk mencoba memulihkan kepercayaan pada sistem keuangan.

FDIC mendirikan sebuah bank penghubung yang akan memungkinkan para nasabah untuk mengakses dana mereka pada hari Senin. Para deposan dan peminjam Signature Bank akan secara otomatis menjadi nasabah dari bank pengganti tersebut.

Regulator tersebut menunjuk mantan Chief Executive Fifth Third Bancorp Greg Carmichael sebagai CEO bank penghubung.

Nasabah Silicon Valley Bank akan memiliki akses ke deposito mereka mulai hari Senin, para pejabat AS mengatakan pada hari Minggu. Pemerintah federal juga mengumumkan tindakan untuk menopang deposito dan mencoba membendung dampak yang lebih luas.

Signature adalah bank komersial dengan kantor klien pribadi di New York, Connecticut, California, Nevada, dan North Carolina, dan memiliki sembilan lini bisnis nasional termasuk properti komersial dan perbankan aset digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini