Konten Premium

AS Vs China di Antara Rusia, Ukraina, dan Taiwan

Bisnis.com,16 Mar 2023, 18:20 WIB
Penulis: Erta Darwati
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT para pemimpin G20 di Bali, Indonesia, 14 November 2022. REUTERS/Kevin Lamarque/File Foto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengklaim bahwa China sedang mempertimbangkan memasok senjata dan amunisi ke Rusia yang akan digunakan untuk perang di Ukraina. Pihaknya pun berencana mengungkap beberapa fakta yang membuktikan bantuan militer China untuk Rusia. 

Melansir Wall Street Journal, kabar China memasok senjata ke Rusia mencuat saat beredar informasi Presiden Xi Jinping bersiap mengunjungi Rusia dalam pertemuan puncak dengan Presiden Vladimir Putin yang masih belum diketahui jadwal pastinya.

Sebagian orang yang mengetahui rencana perjalanan Xi mengatakan pertemuan dengan Putin akan menjadi pendorong pembicaraan damai dan memungkinkan China memperbarui seruannya bahwa senjata nuklir tidak boleh digunakan. Sedangkan, AS telah memperingatkan bahwa pasokan senjata ke Rusia akan mengakibatkan konsekuensi serius bagi China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini