BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi pada 23-24 Maret 2023 di Sejumlah Perairan

Bisnis.com,23 Mar 2023, 17:49 WIB
Penulis: Szalma Fatimarahma
BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi pada 23-24 Maret 2023 di Sejumlah Perairan. Iliustrasi gelombang tinggi di laut. / Bisnis-Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi gelombang tinggi terjadi di sejumlah wilayah perairan Indonesia pada 23-24 Maret 2023.

BMKG menyebutkan bahwa gelombang tinggi yang akan muncul di beberapa perairan itu diperkirakan mencapai ketinggian 4 meter.

Potensi gelombang tinggi diumumkan setelah BMKG menemui adanya pola angin yang berbeda-beda di tiap-tiap wilayah perairan di Indonesia. Contohnya adalah pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot.

Adapun, BMKG melaporkan bahwa kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, dan perairan utara Papua Barat- Papua.

“BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti Perahu Nelayan, Kapal Tongkang, Kapal Ferry, Kapal Kargo/Kapal Pesiar,” imbau BMKG dalam keterangan tertulis, Kamis (23/3/2023).

Daftar perairan dengan peningkatan gelombang 1,25 - 2,5 meter:

Daftar perairan dengan peningkatan gelombang 2,5-4 meter:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini