Terpopuler Hari Ini: Kolaborasi GOTO & Bank Jago (ARTO) dan Profil Diamond Bridge

Bisnis.com,28 Mar 2023, 08:00 WIB
Penulis: Annisa Sulistyo Rini
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Topik mengenai kinerja dan strategi bisnis PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) masih menjadi perhatian para utama para pelaku pasar modal.

Salah satu cara logis untuk GOTO memperbaiki kinerja pada tahun ini adalah dengan memperkuat kolaborasi dengan Bank Jago (ARTO).

Para investor juga mencermati artikel soal profil Diamond Bridge, yang diduga menjadi kendaraan Salim di PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC).

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Market Bisnis.com sepanjang Senin (27/3/2023):

1. Bertaruh pada Romantisme GOTO & Bank Jago

Rencana PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menggapai perolehan EBITDA positif pada kuartal terakhir tahun ini bakal bertumpu pada banyak faktor. Salah satunya adalah kemampuan perusahaan mengerek perolehan take rate dan hal ini, tidak bisa tidak, memiliki kaitan erat dengan PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Menurut analis Indo Premier Sekuritas Jovent Mulyadi dan Anthony, kolaborasi dengan Bank Jago merupakan skenario paling realistis bagi GOTO untuk memacu take rate.

Pasalnya, rencana kolaborasi bisnis buy now pay later (BNPL) alias paylater yang melibatkan kedua perusahaan memiliki margin keuntungan yang lebih solid tinimbang bisnis ride-hailing, logistik, apalagi e-commerce.

2. Profil Diamond Bridge yang Diduga Kendaraan Salim di Medco (MEDC)

Kedatangan Diamond Bridge Pte Ltd dalam struktur pemegang saham mayor PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) lima tahun silam bikin konglomerat Anthoni Salim, sekali lagi, jadi pusat lampu sorot.

Sejak masa-masa awal kedatangan, santer beredar rumor bahwa sosok yang juga investor besar Amman Mineral tersebut merupakan orang di balik Diamond Bridge. Melacak penerima manfaat Diamond Bridge memang bukan perkara gampang.

3. Harita Nickel (NCKL) Sukses Himpun Dana IPO Rp10 Triliun

Calon emiten Grup Harita, PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) atau Harita Nickel dikabarkan berhasil mengantongi dana penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham sebesar Rp10 triliun.

Mengutip Bloomberg, Senin (27/3/2023), berdasarkan sumber yang meminta untuk tak disebutkan namanya, Harita Nickel menjual sekitar 8 miliar saham dengan harga Rp 1.250 per saham. Sebelumnya, NCKL telah memasarkan sebanyak 8,1 miliar saham dengan harga di kisaran Rp 1.220 hingga Rp 1.250 per saham.

4. Yang Bertaruh dan Bertahan di Saham Ace Hardware (ACES)

Setelah loyo sepanjang tahun lalu, saham emiten peritel PT Ace Hardware Tbk. (ACES) menunjukkan asa rebound pada kuartal I/2023. Sejumlah investor kakap pun memilih bertahan dan bahkan bertaruh dengan menambah kepemilikannya di ACES.

Sepanjang tahun lalu, saham ACES mengalami boncos cukup dalam sebesar 64,05 persen. Teranyar, hingga akhir perdagangan Senin (27/3/2023), Saham ACES ditutup stagnan di level Rp468.

Meski demikian, secara year-to-date (ytd), banderol tersebut masih mewakili koreksi 5,65 persen, setelah sempat menyentuh titik tertinggi pada Kamis (16/2/2023) di level Rp555.

5. Harga Emas Dunia Hari Ini Berpotensi Melaju Naik ke US$2,016 per Ounce

Harga emas dunia berpotensi menguji level US$1,949 per troy ounce sampai dengan US$2,016 per troy ounce pada perdagangan hari ini. Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi meyakini harga emas dunia bakal menguat ditopang oleh sejumlah sentimen.

Salah satunya adalah sikap investor untuk beralih ke asset safe haven. Akibat bank Deutsche Bank asal Jerman menjadi nama besar terbaru yang terperangkap dalam krisis perbankan AS-ke-Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Sulistyo Rini
Terkini