Terpopuler Hari Ini: Freeport Bakal Kuasai Saham PT Smelting dan Impor Beras 2 Juta Ton

Bisnis.com,28 Mar 2023, 13:00 WIB
Penulis: Annisa Sulistyo Rini
Aktivitas di tambang Freeport, Papua./Bloomberg-Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA - Freeport Indonesia akan menguasai saham mayoritas PT Smelting, yang merupakan pabrik peleburan dan pemurnian tembaga.

Saat ini, Mitsubishi Materials Corporation (MMC) menjadi pemegang saham mayoritas PT Smelting dengan kepemilikan 60,5 persen. Berita tersebut paling banyak menarik perhatian para pembaca Bisnis.com.

Lalu, berita populer lainnya mengenai pernyataan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengenai impor beras sebesar 2 juta ton pada tahun ini.

Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Sempat Dikuasai Mitsubishi, Freeport Bakal Kempit Saham Mayoritas PT Smelting

PT Freeport Indonesia (PTFI) bakal menguasai saham mayoritas pabrik peleburan dan pemurnian atau smelter tembaga PT Smelting yang saat ini dipegang oleh Mitsubishi Materials Corporation (MMC) dengan kepemilikan 60,5 persen saham.

Akuisisi itu menjadi bagian dari rencana PTFI bersama dengan MMC untuk meningkatkan kapasitas pengolahan konsentrat tembaga PT Smelting dari 1 juta dry metric ton (dmt) menjadi 1,3 juta dmt per tahun.

Rencana ekspansi smelter yang dioperasikan PT Smelting itu bakal ikut menambah kapasitas pengolahan konsentrat tembaga dari portofolio PTFI menjadi 3 juta dmt setiap tahunnya.

2. Mendadak Impor Beras 2 Juta Ton, Mendag: Diperintah ya Kami Kerjain

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membenarkan adanya rencana pemerintah untuk melakukan impor beras sebanyak 2 juta ton hingga akhir Desember 2023.

Zulkifli atau yang akrab disapa Zulhas menyebut, rencana tersebut sudah diputuskan dalam rapat terbatas. “[Sudah diputuskan] di ratas,” kata Zulhas saat ditemui di kantor Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Senin (27/3/2023).

3. Freeport Kantongi Restu Ekspor Konsentrat Tembaga 2,3 Juta Ton Sampai Juni 2023

PT Freeport Indonesia (PTFI) resmi mendapatkan rekomendasi perpanjangan ekspor konsentrat tembaga dengan kuota mencapai 2,3 juta ton hingga Juni 2023.

Adapun, kuota ekspor konsentrat tembaga itu relatif lebih tinggi dari alokasi yang sempat diberikan pemerintah sepanjang 2022 di level 2 juta ton.

“Kami telah mendapatkan rekomendasi ekspor dari Kementerian ESDM untuk jumlah [ekspor] sesuai dengan RKAB, yaitu 2,3 juta ton. Namun, dengan jangka waktu sampai dengan Juni 2023,” kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas saat rapat dengar pendapat (RDP) Umum dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (27/3/2023).

4. 14 Nama Lolos Calon Anggota BPK, Deputi Komisioner OJK Hingga Direktur PwC

Komisi XI DPR RI mengumumkan 12 nama calon Anggota BPK RI. Nama ini merupakan hasil saringan internal komisi XI yang membawahi keuangan.

"Berdasarkan keputusan rapat internal Komisi XI DPR RI pada 21 Maret 2023, telah diputuskan dan ditetapkan 14 nama calon anggota BP RI yang akan mengikuti pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan," tertulis dalam pengumuman yang ditandatangani Kahar Muzakir sebagai ketua dan para wakilnya bertanggal hari ini, Selasa (29/3/2023).

Sebanyak 14 nama ini akan memperebutkan 1 bangku anggota BPK RI. Meski demikian tidak dijelaskan anggota BPK yang lowong dalam pengumuman ini.

5. Apa Kabar Lelang Jalan Trans Papua? Begini Kelanjutannya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih belum memulai kembali lelang jalan Trans Papua.

Pekerjaan jalan tersebut sebelumnya direncanakan akan mulai dilelang pada tahun lalu. Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan, proyek jalan Trans Papua masih belum dilelang pemerintah.

Proyek tersebut masih dalam penyiapan administratif. "Persiapan dokumen permintaan proposal," ujarnya kepada Bisnis, Senin (27/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Annisa Sulistyo Rini
Terkini