Misinformasi Pendaftaran CPNS 2023 Segera Dibuka, BKN Jelaskan Ini

Bisnis.com,02 Apr 2023, 14:08 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, SOLO - Sebuah narasi di media sosial TikTok menjadi viral karena mengunggah informasi mengenai pembukaan CPNS 2023.

Dalam video tersebut, disebutkan bahwa CPNS 2023 akan segera dibuka oleh pemerintah. Masyarakat yang berminat pun diminta untuk melihat formasi yang disiapkan.

Pendaftaran CPNS 2023 disebut akan dibuka pada 5 Juni 2023. Jadwal lengkap penerimaan calon ASN ini juga disematkan dalam video.

"Info Terbaru Pendaftaran CPNS 2023. Siap Jadi Calon CPNS 2023?" tulis akun @lowongan_kerj4_terbaru pada Jumat (31/3/2023).

Berikut rincian jadwal CPNS 2023 sebagaimana disampaikan akun tersebut:

Klarifikasi BKN

Dari informasi yang dihimpun oleh Bisnis, informasi yang dibagikan oleh akun TikTok @lowongan_kerj4_terbaru ini dikategorikan misinformasi.

Pasalnya, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum memberikan pengumuman soal penerimaan CNPS untuk tahun anggaran 2023.

Menyusul viralnya informasi tersebut, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Iswinarto Setiaji mengatakan bahwa hingga kini pemerintah belum menyiapkan seleksi CPNS maupun CASN 2023.

Sehingga saat informasi tersebut beredar, pihaknya belum menentukan jumlah formasi yang dibutuhkan.

"Terkait rekrutmen CPNS sampai dengan saat ini pemerintah melalui Panselnas belum menerbitkan kebijakan," kata Iswinarto, Sabtu (1/4/2023) dikutip dari KompasTV.

Iswinarto mengatakan bahwa seleksi CPNS yang dibuka pada April 2023 hanya jalur sekolah kedinasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini