Susut 6,15 Persen, ICP Minyak Mentah Maret 2023 Jadi US$74,59 per Barel

Bisnis.com,04 Apr 2023, 22:58 WIB
Penulis: Nyoman Ary Wahyudi
Harga minyak mentah Indonesia turun./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menetapkan harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesia crude price (ICP) Maret 2023 sebesar US$74,59 per barel atau turun 6,15 persen dari posisi bulan sebelumnya di level US$74,59 per barel.

Penetapan itu tercantum dalam  Keputusan Menteri ESDM Nomor 131.K/MG.03/DJM/2023 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan Maret 2023 tanggal 3 April 2023. 

Tim Harga Minyak Mentah Indonesia menerangkan penurunan ICP itu dipengaruhi oleh kekhawatiran pasar atas kondisi ekonomi global khusus yang dipengaruhi penutupan Silicon Valley Bank pada 10 Maret 2023 lalu. 

Seperti diketahui, penutupan bank itu menjadi kegagalan sistem perbankan terbesar di Amerika Serikat yang disebabkan karena penarikan dana besar-besaran oleh nasabah, meningkatkan ketidakpastian terkait dengan inflasi, suku bunga dan aktivitas ekonomi yang terdampak pada konsumsi minyak dan investasi global. 

“Selain itu, kekhawatiran para pelaku pasar seiring inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan, meningkatkan kekhawatiran akan kenaikan suku bunga, penguatan nilai tukar dolar dan perlambatan aktivitas ekonomi, serta berujung pada turunnya permintaan minyak mentah,” lapor Tim Harga Minyak Mentah dikutip dari siaran pers, Selasa (4/4/2023). 

Penurunan harga  juga terkait permintaan minyak mentah dunia:

Selanjutnya terkait pasokan minyak mentah dunia:

Untuk kawasan Asia Pasifik, penurunan harga minyak mentah selain disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, juga  dipengaruhi oleh kekhawatiran pasar atas pemulihan permintaan minyak China seiring Pemerintah China menetapkan target GDP yang moderat, lebih rendah dari perkiraan para ekonom.  

“Penurunan konsumsi produk gasoline hingga 7.51% dan produk gasoil hingga 0,34 persen di China yang mengakibatkan penurunan harga jual produk minyak bumi di China,” demikian dikutip dari exsum Tm Harga Minyak Mentah Indonesia.

Perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama pada bulan Maret 2023 dibandingkan bulan Februari 2023, selengkapnya sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini