Bacaan Dzikir Pagi Arab, Latin Beserta Keutamaannya

Bisnis.com,05 Apr 2023, 17:20 WIB
Penulis: Hana Fathina
Dzikir pagi/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dzikir pagi harus diamalkan karena akan membuat kita lebih semangat di pagi hari dan dimudahkan Allah dalam semua urusan. Untuk waktunya, yang utama dibaca ketika masuk waktu subuh hingga matahari terbit. Namun, boleh juga dibaca hingga matahari akan bergeser ke barat (mendekati waktu dzuhur).

Tujuan membaca dzikir pagi adalah memohon pertolongan Allah SWT agar terhindar dari semua bahaya yang mengancam. Bacaan dzikir pagi cukup pendek dan dianjurkan membacanya beberapa kali.

Berikut ini beberapa bacaan dzikir pagi dan keutamaannya:

1. Keutamaan dzikir pagi

2. Bacaan dzikir pagi sesuai sunnah

Artinya: “Pada waktu pagi kami berada di atas fitrah Islam, di atas syahadatain (kalimat ikhlas) di atas agama Nabi Muhammad SAW, dan di atas agama ayah kamu Nabi Ibrahim, yang berdiri di atas jalan lurus, muslim dan tidak tergolong orang-orang musyrik.

Artinya: “Aku ridho (senang) atas Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai nabi (yang diutus oleh Allah).

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima”

Artinya: “Ya Allah, dengan Engkaulah kami memasuki waktu pagi, dan dengan Engkaulah kamu memasuki waktu sore. Dengan Engkaulah kami hidup dan dengan Engkaulah kami mati. Dan kepada-Mu kamu dibangkitkan.

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Rabb, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Ya Rabb, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Ya Rabb-Ku! Aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di Neraka dan kubur”

Artinya: “Ya Allah! Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui memikul dosaku. Karena itu, ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

Artinya: “ Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, (kehidupan) duniaku, keluargaku dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan berilah ketentraman hatiku. Ya Allah! Peliharalah aku dari arah depan, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak mendapat bahaya dari bawahku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini