Komunitas Sepeda Brompton Gelar IDC3 Bali International Challenge pada 1-3 Juni 2023

Bisnis.com,18 Apr 2023, 12:58 WIB
Penulis: Andhika Anggoro Wening
Ilustrasi/Brompton

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia CHPT 3 Cycling Club (IDC3), komunitas sepeda lipat jenis Brompton tipe Chapter 3, akan menggelar event berskala internasional di Bali pada Juni tahun ini pada 1-3 Juni 2023.

"Selain bertujuan untuk mengajak semua penggemar sepeda Brompton untuk berpartisipasi, kami juga memiliki misi untuk meningkatkan pariwisata di Bali," kata Ramdanus, founder dari komunitas yang didirikan pada 25 Juni 2020 ini.

Sepeda Brompton merupakan sepeda lipat handmade produksi London, Inggris, yang harganya cukup mahal. Meski punya harga tinggi hingga Rp60 juta, namun penggemarnya di Indonesia cukup tinggi.

"Brompton tipe Chapter 3 merupakan tipe tertinggi dari jenis sepeda Brompton. Harganya bisa di atas Rp 60 jutaan di pasaran," kata Ramdanus.

Mengapa sepeda Brompton Chapter 3 ini begitu diminati di Indonesia? sepeda ini memang menawarkan berbagai keunikan, misalnya pada bagian triangle dan forknya menggunakan bahan titanium, untuk bobot yang lebih ringan.

"Sepeda ini enak untuk dibawa travel, kalau mau naik pesawat, tinggal dilipat, masuk bagasi. Kalau sedang bersepeda, kalau kita lelah, tinggal dilipat, bisa dimasukkan lalu kita bisa pesan taksi online," kata Ramdanus.

Menurut pendiri IDC3, komunitas terbesar penggemar sepeda Brompton Chapter 3 tersebut, justru ada di Indonesia.

Ramdanus mengatakan hingga saat ini, panitia telah menerima pendaftaran dari lebih dari 300 calon peserta untuk event Bali International Challenge yang akan diadakan sekitar dua bulan dari sekarang.

IDC3 sendiri saat ini memiliki lebih dari 600 anggota yang berdomisili di Indonesia maupun di luar negeri.

Anggota IDC3 tersebar dari berbagai kota seperti Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Tangerang, Jakarta, Bogor, Cianjur, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Klaten, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, Balikpapan, Makassar, Papua.

Bahkan ada anggota dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, China hingga Jepang.

"Brompton memiliki event Brompton World Challenge yang tahun lalu diadakan di Singapura. Dengan event kita di Bali ini diharapkan event Brompton World Challenge tersebut bisa diadakan di Indonesia suatu saat," kata Ramdanus.

Saat ini, Indonesia sebagai market terbesar di dunia. Dan Ramdanus berharap penggowes sepeda Brompton dapat berpartisipasi dalam event IDC3 Bali International Challenge yang baru pertama kali diadakan di Indonesia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini