AP II Terima 1.216 Extra Flight Mudik Lebaran, Lion Air Group Terbanyak

Bisnis.com,19 Apr 2023, 13:12 WIB
Penulis: Lorenzo Anugrah Mahardhika
Pesawat maskapai Garuda Indonesia berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (20/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II melaporkan telah menerima lebih dari 1.200 permintaan penambahan penerbangan (extra flight) selama masa mudik Lebaran 2023.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II Muhammad Awaluddin pihaknya telah menerima 1.216 permintaan slot extra flight hingga Rabu (19/4/2023). Dari jumlah tersebut, sekitar 400 slot penerbangan tambahan telah digunakan oleh maskapai ke sejumlah tujuan.

“Slot extra flight ini untuk arus mudik hingga arus balik. Kita masih menunggu akumulasi akhirnya berapa slot yang digunakan maskapai dari sejumlah (1.216) itu,” jelas Awaluddin pada Rabu (19/4/2023).

Awaluddin mengatakan, permintaan slot extra flight terbanyak pada masa mudik Lebaran 2023 sejauh ini dicatatkan oleh maskapai dari Lion Air Group, yakni Lion Air, Super Air Jet, Wings Air, serta Batik Air. 

Menyusul di belakangnya adalah maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) dan entitas anaknya Citilink Indonesia. Meski demikian, Awaluddin tidak merinci masing-masing jumlah extra flight yang diminta oleh maskapai tersebut

Sementara itu, permintaan penerbangan tambahan terbanyak dari sisi bandara saat ini dipuncaki oleh Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Menyusul di belakangnya adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Sultan Syarif Kasim II (Riau).

Selain itu, AP II juga mencatat permintaan extra flight untuk destinasi internasional yang cukup tinggi. Menurut Awaluddin, selain mudik, momentum cuti bersama Lebaran yang diperpanjang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur ke luar negeri.

Sebelumnya Direktur Utama Angkasa Pura I atau AP I, Faik Fahmi, memaparkan, pihaknya telah menerima 1.287 permintaan extra flight. Penambahan penerbangan tersebut juga diikuti dengan peningkatan kapasitas tempat duduk sebanyak 231.660 kursi. 

Faik menyebut permintaan extra flight sudah terjadi pada 7 dari total 15 bandara yang dikelola oleh AP I, yakni Bandara Ngurah Rai di Bali, Bandara Juanda (Surabaya), Yogyakarta International Airport atau YIA (Yogyakarta), Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara Syamsudin Noor (Kalimantan Selatan), Bandara Adi Soemarmo (Solo), dan Bandara Ahmad Yani (Semarang). 

“Yang 3 tujuan dengan extra flight terbanyak itu Denpasar, Surabaya, dan Makassar,” kata Faik pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini