Polri Setop Contra Flow di Tol Japek, One Way Masih Diberlakukan

Bisnis.com,20 Apr 2023, 18:46 WIB
Penulis: Lukman Nur Hakim
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - Korlantas Polri menghentikan rekayasa lalu lintas contra flow dari Kilometer (KM) 47 hingga KM 70 tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek.

Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, menyebut bahwa saat ini jalur sudah kembali normal dari arah Jakarta ke Cikampek dan sebaliknya.

“Untuk rekayasa lalu lintas contra flow mulai KM 47 sampai KM 70 sudah ditiadakan. Kedua jalur sudah kembali normal untuk arah Jakarta dari Timur maupun arah Jakarta ke Timur,” kata Eddy dalam keteranganya, Kamis (20/4/2023).

Akan tetapi, Eddy mengatakan bahwa untuk rekayasa lalu lintas one way saat ini masih diberlakukan mulai dari KM 72 Tol Cikampek sampai KM 414 Tol Kalikangkung.

Sebelumnya, Eddy menyebut bahwa kenaikan volume kendaraan pada siang ini naik 8 persen. Data ini diambil dari traffic counting di Kilometer (KM) 50 Tol Japek.

“sampai dengan saat ini dibandingkan dengan volume arus lalu lintas tadi malam meningkat sebesar 8 persen dari 5.397 kendaraan per jam menjadi 5.817 kendaraan per jam,” ujar Eddy dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Edyy menyebut, dengan adanya kenaikan pada volume kendaraan siang hari ini, pihaknya melakukan penerapan contra flow di Tol Japek untuk mengurai kemacetan.

Penerapan contra flow diterapkan dari KM 36 sampai KM 47 dan contra flow dua lajur dari KM 47 sampai KM 70 Gerbang tol Jakarta Cikampek.

Tidak hanya itu, Eddy juga menyebut bahwa pihaknya tetap memberlakukan buka-tutup pada tol layang MBZ agar mengurai kepadatan di KM 48 Tol Japek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini