Libur Lebaran, Pengunjung Monas Diprediksi Lampaui 60.000

Bisnis.com,24 Apr 2023, 17:04 WIB
Penulis: Nabil Syarifudin Al Faruq
Sisi selatan Monas pada Senin (9/3/2020) malam hari, kini dilengkapi plaza upacara setelah direvitalisasi. Kontraktor mengklaim pengerjaan telah rampung dan akan diserahterimakan dalam waktu dekat kepada Pemprov DKI Jakarta. JIBI/Bisnis-Aziz R

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah pengunjung Monas diprediksi melebihi 60 ribu di libur Lebaran. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang mengunjungi monumen peringatan setinggi 132 meter tersebut.

Kepala UPK Monas Muhammad Isa Sanuri mengatakan, angka pengunjung Monas diproyeksikan bisa mencapai 40.000 - 60.000 untuk di wilayah kawasan, sementara tugu monas bisa mencapai 10.000 pengunjung di libur Lebaran tahun ini. 

“Angka pertumbuhan tersebut merupakan prediksi sampai periode 30 April 2023. Namun, angka tersebut masih berpotensi bertambah, ke depan akan di update untuk jumlah per hari nya,” ujar Isa kepada Bisnis, Senin (24/4/2023).

Isa menambahkan, hingga 23 April 2023, jumlah pengunjung Monas untuk area kawasan mencapai 67.065 orang, yang terdiri dari 66.806 wisatawan nusantara (Wisnus), dan 259 orang wisatawan mancanegara (Wisman). 

Sementara untuk area tugu Monas mencapai 6.899, yang terdiri dari 6.869 orang Winus dan 30 orang Wisman. 

Adapun untuk meramaikan Monas, pihaknya tengah menyelenggarakan pertunjukan Monas Week yang terdiri dari pertunjukan musik, atraksi air mancur, dan atraksi video mapping.

“Pertunjukan ini dilakukan agar masyarakat yang Lebaran di Jakarta memiliki tempat alternatif berwisata,” ujarnya.

Isa menyampaikan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seiring potensi ramainya pengunjung Monas, seperti dengan Satpol PP, Dishub DKI, UPT Parkir, dan Walikota Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Monas Week merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta menggaungkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi selama libur Lebaran ini banyak wisatawan dari luar daerah mengunjungi Monas.

“Saya tadi menyapa ada yang dari Palembang, Aceh, dan dari daerah lainnya. Adapun pertunjukan ini merupakan bentuk pelayanan dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk hiburan masyarakat dalam rangka libur Lebaran,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini