Gempa M 7,3 Picu Alarm Tsunami, Guncang Mentawai hingga Padang

Bisnis.com,25 Apr 2023, 04:10 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis sejumlah daerah yang terasa gempa Magnitudo (M) 7,3 di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Mulai dari Siberut hingga Padang Sidempuan.

Berdasarkan situs resmi BMKG, Selasa (25/4/2023), pusat gempa berada di 177 km Barat Laut Kepulauan Menwatai, Sumatra Barat. Gempa berada di kedalaman 84 km.

BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sumatra Utara (Sumut).

Adapun, daerah yang berpotensi terkena tsunami berdasarkan pemodelan yakni Nias - Selatan Pulau Tanabala (Sumatra Utara) dengan status Waspada.

Artinya, pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Sejumlah wilayah yang terasa gempa tersebut antara lain Siberut, Mentawai, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, dan Padang.

Selain itu, guncangan gempa meluas hingga Gunung Sitoli, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Limapuluhkota, Solok Selatan, Solok, Bukittinggi, Labuhan Batu, dan Padang Sidempuan.

BMKG mengimbau agar masyarakat mengikuti arahan peringatan dini tsunami dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini