Evaluasi Mudik: Kereta Api Jadi Moda Favorit Tahun ini, ini Alasannya

Bisnis.com,27 Apr 2023, 04:48 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) / ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Bisnis.com, JAKARTA -- Moda kereta api menjadi prioritas pemudik selama Idulfitri dan mudik 2023. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang banyak diminati masyarakat karena relatif lebih tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman. 

Dia mengatakan di stasiun telah disiagakan pos pengamanan terpadu, jika masyarakat ada keluhan bisa mengunjungi pos tersebut. Kapolri juga menyampaikan sejumlah upaya yang telah disiapkan untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang kereta api. 

“Antara lain meningkatkan pengawasan gangguan operasional, serta mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana dengan menambah petugas,” ujarnya, Rabu (26/4/2023).

Sementara itu, dalam arahannya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada semua pihak terkait, untuk berkolaborasi memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. 

“Bapak Presiden Joko Widodo telah memberi arahan kepada kami untuk betul-betul menjaga pelaksanaan mudik agar dapat berjalan aman dan berkesan, dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan,” ujarnya.

Budi mengatakan, dengan adanya peningkatan jumlah pemudik di tahun ini, moda kereta api menjadi solusi tepat dan sarana angkutan yang paling banyak diminati. 

“Untuk itu, kita perlu mengambil langkah-langkah strategis untuk memfasilitasi penumpang agar mereka merasa nyaman selama melakukan perjalanan mudik,” imbuhnya.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono menilai sejauh ini pelaksanaan lebaran 2023 sudah berjalan lancar. Dia hanya mengimbau kepada para pemudik agar selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan agar mudik menjadi lebih berkesan.

Dia juga berpendapat kereta api merupakan salah satu moda transportasi primadona masyarakat. Oleh karena itu, kesiapan sarana dan prasarana kereta api menjadi salah satu perhatian pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini