Peringati Hari Buruh, Sri Mulyani: Keringat Para Pekerja adalah Cerita Perjuangan

Bisnis.com,01 Mei 2023, 16:33 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Instagram @smindrawati

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan sederet peran penting kelompok pekerja pada Hari Buruh Internasional yang dirayakan setiap 1 Mei. 

Melalui unggahannya di media sosial, Senin (1/5/2023), Sri Mulyani mengatakan bahwa kelompok pekerja adalah komponen penting yang turut memajukan Indonesia. 

Dari sisi perekonomian, kata Menkeu, kelompok pekerja merupakan pelaku utama yang terus menggerakan roda ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri. 

Sementara dari sisi pembangunan, kelompok pekerja adalah pelaksanan pembangunan sesungguhnya sehingga Indonesia dapat memiliki berbagai fasilitas infrastruktur. 

“Setiap tetesan keringat para pekerja adalah sebuah cerita perjuangan yang luar biasa,” ujarnya dikutip dari akun Instagram @smindrawati. 

Pada momentum hari ini ini, Menkeu juga menyampaikan ucapan terima kasih atas seluruh kerja keras dan dedikasi yang diberikan oleh para pekerja baik untuk keluarga maupun negara.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa momentum momentum Hari Buruh Internasional pada 1 Mei harus dimanfaatkan untuk memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, serta melindungi hak para pekerja.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Air harus terus dilakukan, baik melalui pengembangan pendidikan vokasional maupun peningkatan keterampilan tenaga kerja.

“Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja terus dilakukan melalui program prakerja, serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri,” ujar Presiden. 

Selain itu, Presiden menyampaikan pemerintah akan terus berusaha meningkatkan jumlah investasi dari dalam dan luar negeri. Hal itu dilakukan pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan buruh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini