Profil Said Iqbal, Presiden Partai Buruh yang Incar Kursi DPR RI

Bisnis.com,02 Mei 2023, 14:09 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan jutaan buruh di seluruh Indonesia akan melakukan pemogokan nasional selama 3 hari, jika lima tuntutan mereka tidak dipenuhi. JIBI/Bisnis-Afiffah Rahmah

Bisnis.com, SOLO - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mendadak menjadi trending topik di Twitter pada Selasa (2/5/2023).

Ia mendapat sorotan publik setelah mengatakan dukungannya terhadap beberapa nama yang masuk ke dalam bursa calon presiden (capres) 2024.

Setelah mengaku belum 100% mendukung, namun pihaknya telah merilis nama-nama yang potensial mendapat suara dari buruh.

Setidaknya terdapat empat nama yang telah disinggung oleh Said Iqbal, mereka yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Najwa Shihab, dan dirinya sendiri.

"Partai Buruh pilih siapa? Partai Buruh memilih orang yg akan diputuskan tiga tahap. Pertama adalah Rakernas. Ada empat nama, Pak Ganjar Pranowo, Said Iqbal, Anies Baswedan, dan Najwa Shihab," ungkapnya, Senin (1/5/2023).

Di sisi lain, Said Iqbal juga mengincar kursi di DPR RI pada pemilihan presiden (pilpres) 2024.

"Kamu coblos 2024, saya bukan kampanye, sosialisasi, kasih tau sama buruh. Kalau dilarang, lawan enggak? Lawan, enak saja! Nanti kita bagi brosur, konsolidasi ada 70 juta buruh, saya hanya minta 30 kursi kita rebut. Nanti kalau kita masuk DPR RI, DPRD Provinsi, setiap bulan November kita ribut tentang upah, kita enggak perlu demo," ucapnya di hadapan ribuan buruh.

Profil Said Iqbal

Miliki janji untuk mensejehterahkan buruh, Said Iqbal, menyandang status sebagai Presiden Partai Buruh untuk periode 2021-2026.

Sebagai Presiden KSPI, ia terpilih secara aklamasi untuk periode 2017-2022.

Ia juga dikenal sebagai Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sekaligus sebagai Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Lahir di Jakarta pada 5 Juli 1968, Said Iqbal merupakan lulusan Politeknik (Teknik Mesin) Universitas Indonesia dan lulus Sarjana (S1) dari Teknik Mesin Universitas Jaya Baya. Ia kemudian mengambil Master Ekonomi (S2) di Universitas Indonesia.

Sejak tahun 1992, Said Iqbal sudah menjadi pemimpin buruh. Ketika itu, dirinya menjadi pemimpin organisasi buruh di sebuah perusahaan elektronik di Bekasi.

Sejumlah kedudukan di organisasi buruh yang sempat ia jabat diantaranya PC SP LEM SPSI, Central Comittee Serikat Buruh Metal Sedunia (IMF), PC FSPMI, Sekretaris DPP FSPMI, Wakil Presiden Serikat Pekerja ASEAN (ATUC), General Council Konfederasi Serikat Buruh Sedunia (ITUC), Presiden KSPI, Presiden DPP FSPMI, dan Pengurus Pusat ILO badan PBB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini