Pernyataan Lengkap Zelensky dari Helsinki: Kami Tidak Menyerang Putin!

Bisnis.com,04 Mei 2023, 12:40 WIB
Penulis: Nancy Junita
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Presiden Finlandia Sauli Niinisto berbicara selama konferensi pers dengan para kepala negara Nordik selama KTT Nordik-Ukraina, di Istana Kepresidenan di Helsinki, Finlandia, 3 Mei 2023. Ritzau Scanpix/ Mads Claus Rasmussen melalui REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan bahwa pasukannya tidak menyerang kediaman Presiden Rusia Vladimir Putin maupun Moskow.

Melansir Reuters, Kamis (4/5/2023), Zelensky menyampaikan hal itu dalam konferensi pers di Helsinki.

Seperti diketahui, dia melakukan perjalanan ke Finlandia untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) Ukraina-Nordik yang digelar di Helsinki, Finlandia pada Rabu (3/5/2023).

Zelensky antara lain bertemu dengan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen dan Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store.

Berikut pernyataan Zelensky yang membantah pasukan Ukraina menyerang kediaman Putin:

“Anda tahu, saya dapat mengulangi, mengulangi pesan ini dan saya pikir setidaknya akan dapat dimengerti oleh semua orang. Kami tidak menyerang Putin atau Moskow. Kami terus berjuang, di wilayah kami. Kami mempertahankan desa dan kota kami. Kami tidak punya, Anda tahu cukup senjata untuk ini. Itu sebabnya kami tidak menggunakannya di mana pun, bagi kami, itu adalah defisit. Kami tidak dapat menghabiskannya. Dan kami tidak menyerang Putin."

Seperti diketahui, Zelensky membantah bahwa negaranya bertanggung jawab atas apa tudingan Rusia sebagai upaya pembunuhan terhadap Putin, setelah serangan pesawat tak berawak di Kremlin.

Rusia menuduh Ukraina melakukan upaya untuk membunuh Presiden Putin dalam serangan pesawat tak berawak di benteng Kremlin, dan mengancam akan membalas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini