Konten Premium

Warisan Idealisme Jack Bogle, Bapak Indeks & Pendiri Vanguard

Bisnis.com,10 Mei 2023, 14:15 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Jack Bogle, pendiri dan mantan CEO The Vanguard Group, berbicara dalam Global Wealth Management Summit di New York, 17 Juni 2014. / REUTERS-Shannon Stapleton

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa beruntung, atau menerima cuan berlimpah lantaran berinvestasi pada instrumen reksa dana berbasis indeks saham? Bila jawabannya adalah ya, maka mungkin Anda perlu mengucapkan terima kasih pada John Clifton Bogle alias Jack Bogle.

Ketika Anda bertanya pada ChatGPT atau Bard, sudah pasti keduanya bakal bercerita panjang lebar bahwa Bogle adalah pendiri Vanguard, manajer aset terbesar kedua di dunia dengan aset kelolaan US$7,2 triliun per akhir tahun lalu. Dan itu memang betul. Lahir dan tumbuh di New Jersey, Bogle mendirikan Vanguard pada 1 Mei 1975 di sebuah kantor kecil yang terletak di Valley Forge, Pennsylvania, AS.

Sejak awal, Bogle mengkonstruksi Vanguard dengan cara lain daripada yang lain. Sebab secara struktur, saham Vanguard justru banyak dimiliki oleh fund yang—lucunya—juga merupakan portofolio kelolaan mereka sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini