Media VICE Diambang Kebangkrutan karena Tak Bisa Stabilkan Pendapatan

Bisnis.com,15 Mei 2023, 12:37 WIB
Penulis: Jessica Gabriela Soehandoko
Vice mengalami kebangkrutan/Getty Images via Deadline

Bisnis.comJAKARTA - Vice Media LLC, yakni media yang dikenal dengan gaya percakapannya sedang bersiap untuk mengajukan kebangkrutan Bab 11. 

Mengutip dari Bloomberg (15/5/2023) menurut dua orang yang mengetahui langsung mengenai pengajuan tersebut, petisi perusahaan dapat datang paling cepat hari Senin. 

Sumber tersebut kemudian menjelaskan bahwa Fortress Investment Group, pemegang utama utang Vice, kemungkinan akan mengambil alih kontrol melalui kebangkrutan, meskipun pembeli lain bisa muncul selama proses kebangkrutan. 

Perusahaan Vice yang berbasis di Brooklyn, New York tersebut diketahui telah mencoba tetapi gagal menemukan pembeli.

Sebelumnya, diketahui Vice telah menutup acara berita TV andalannya yakni Vice News Tonight dan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap lebih dari 100 staf pada akhir April.

Pada bulan Februari, CEO Nancy Dubuc pergi setelah lima tahun bersama perusahaan.

Hal ini menjadi penurunan tajam bagi perusahaan, yang pada 2017 dinilai sebesar US$5,7 miliar atau setara dengan Rp 84 triliun, setelah mendapatkan investasi sebesar US$450 juta dari perusahaan ekuitas swasta TPG.

Vice juga mendapatkan pendanaan dari Walt Disney Co. dan Fox Corp. serta kemitraan dengan jaringan kabel ternama seperti HBO dan CNN.

Mengutip dari Bloomberg, perusahaan gagal mencapai stabilitas keuangan yang sebanding dengan valuasinya yang tinggi.

Vice tidak mampu mengubah lalu lintas menjadi keuntungan, dan kesulitan mendapatkan pijakan di generasi konsumen baru sambil mengembangkan bisnis di industri e-commerce dan industri lainnya.

Perwakilan Vice sendiri menolak berkomentar tentang pengajuan kebangkrutan, mengutip dari Bloomberg.

Sebagai catatan, Vice dimulai di Montreal hampir 30 tahun yang lalu sebagai majalah cetak yang kemudian populer di kalangan anak muda seluruh dunia akibat videonya yang viral dan pendekatannya dalam melaporkan berita. 

Vice juga mendapatkan pujian atas laporan berita dan dokumenter-dokumenternya, termasuk berbagi penghargaan Pulitzer pada  2020 dan memenangkan beberapa Emmy untuk Vice News Tonight.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini