862 Orang Daftar Bacaleg ke Kabupaten Cirebon

Bisnis.com,16 Mei 2023, 12:58 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon mencatat, ada 862 orang yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg). Ratusan orang tersebut mendaftar pada 1-14 Mei 2023.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sopidi mengatakan, dari 862 bacaleg yang mendaftarkan ke KPU, 551 merupakan laki-laki dan 311 perempuan. 

"Keterwakilan perempuan dalam tahapan pendaftaran tersebut di atas 30 persen," kata Sopidi kepada wartawan di Kabupaten Cirebon, Selasa (16/5/2023). 

Sopidi menyebutkan, dari 18 partai politik yang mendaftarkan bacaleg, sebagai besar mengajukan 100 persen dari total alokasi 50 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon.

"Kami mencatat, sekitar 90-an persen parpol yang mengajukan bacaleg 100 persen, sedangkan sisanya mengajukan kurang dari 50 orang," kata Sopidi. 

Sopidi mengatakan, saat ini KPU Kabupaten Cirebon tengah melakukan verifikasi administrasi berkas ratusan bacaleg. Proses tersebut akan berlangsung hingga 23 Juni 2023.

Setelah tahapan verifikasi administrasi, kata Sopidi, pihaknya bakal memberikan  kesempatan untuk pihak partai politik untuk memperbaiki berkas persyaratan bacaleg.

"Kami sudah meminta untuk mengingatkan seluruh parpol rutin memantau pemberitahuan Silon untuk memastikan apabila terdapat persyaratan yang perlu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini