Delta Dunia (DOID) Siapkan Global Bond Rp7,45 Triliun, Ini Rinciannya

Bisnis.com,19 Mei 2023, 17:06 WIB
Penulis: Farid Firdaus
Kegiatan pengupasan tanah PT Bukit Makmur Mandiri Utama, anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk.(DOID)./deltadunia.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten kontraktor pertambangan PT Delta Dunia Makmur Tbk. (DOID) melalui anak usahanya PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) berencana menerbitkan surat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) atau global bond hingga US$500 juta setara Rp7,45 triliun. 

Penerbitan global bond ini akan terlebih dahulu melewati persetujuan pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis, 8 Juni 2023.

"Surat utang akan ditawarkan kepada investor-investor di luar wilayah Republik Indonesia dengan jumlah maksimum US$500 juta. Nilai transaksi ini melebihi 50 persen dari total ekuitas perseroan, dengan demikian merupakan transaksi material,” jelas manajemen DOID, dikutip Jumat (19/5/2023).

Berdasarkan prospektus DOID, tingkat suku bunga yang akan dibayarkan kepada pemegang surat utang dan periode pembayaran bunga masih dalam proses negosiasi dengan investor awal. Rangkaian informasi ini akan diumumkan kemudian melalui prospektus tambahan.

Surat utang direncanakan akan dijamin tanpa syarat dengan jaminan perusahaan oleh anak perusahaan penjamin. Nantinya, hasil penerbitan global bond akan diserap BUMA untuk pembayaran baik seluruh atau sebagian kewajiban utang yang tercatat dalam laporan keuangan per 31 Desember 2022.

Selain itu, emisi global bond juga akan dialokasikan untuk pembiayaan tindakan akuisisi dan sisanya apabila ada akan digunakan untuk keperluan umum DOID.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Desember 2022, BUMA memiliki jumlah utang sebesar US$947,32 juta. Transaksi penerbitan global bond akan memperpanjang profil jatuh tempo utang BUMA karena dana yang diterima dari penawaran ini akan dipergunakan untuk melunasi seluruh maupun sebagian utang utang, serta untuk meningkatkan likuiditas BUMA.

Pada Maret 2023, lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menyematkan peringkat BB- dengan outlook stabil kepada BUMA. Fitch juga memberikan peringkat yang sama terhadap surat utang US$400 juta yang berbunga 7,75 persen dan jatuh tempo pada 2026

Penegasan peringkat tersebut mencerminkan ekspektasi Fitch terhadap BUMA yang mempertahankan volume pengupasan lapisan penutup yang stabil selama dua tahun ke depan, dan setelah itu dapat mengganti sebagian besar volume yang hilang setelah kontrak jatuh tempo pada 2025.

Peringkat juga mencerminkan posisi kuat BUMA sebagai kontraktor pertambangan terbesar kedua di Indonesia dengan pangsa pasar 15 persen. Diversifikasi geografis dan komoditas BUMA telah meningkat setelah mengakuisisi aset kontraktor batu bara asal Australia Downer EDI Limited pada Desember 2021. Fitch memprediksi peningkatan lebih lanjut dari kontrak batu bara metalurginya.

Fitch memperkirakan belanja modal terkonsolidasi BUMA akan tetap terbatas pada belanja pemeliharaan sebesar US$125-US$135 juta per tahun hingga 2025, mendukung peningkatan leverage.

Belanja modal BUMA pada 2022 turun menjadi US$148 juta dibandingkan 2021 yang ssebesar US$340 juta, meskipun ada beberapa limpahan dari tahun 2021. Belanja modal BUMA yang tinggi pada 2021 terutama untuk memperluas kapasitasnya guna mendukung pertumbuhan volume dari pelanggannya, dan akan tetap mencukupi untuk mendukung produksi hingga 2025 tanpa ada hambatan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini