Hari Terakhir Rekrutmen BUMN, Masih Ada 30.000 Kuota Pendaftar

Bisnis.com,20 Mei 2023, 18:41 WIB
Penulis: Dionisio Damara
Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). JIBI/Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Rekrutmen Bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau RBB akan ditutup hari ini, Sabtu (20/5/23) pukul 23:59 WIB. Tercatat masih ada 40 BUMN yang membuka lebih kurang kuota 30.000 pendaftar. 

Registrasi RBB dibuka pada 11 – 20 Mei 2023. Rekrutmen tersebut menyediakan lebih dari seribu lowongan pekerjaan yang bisa didaftar oleh masyarakat.

Sedikitnya ada lima tahapan dalam rekrutmen ini, yakni: registrasi dan seleksi administrasi, tes online tahap 1, tes online tahap 2, proses seleksi di BUMN, dan pengumuman final. 

“Masih tersedia 40 BUMN yang membuka kurang lebih 30.000 kuota pendaftar pada 410 Lowongan. Cek postingan sebelumnya atau web resmi RBB 2023 untuk informasi lebih detailnya,” tulis akun Twitter @KemenBUMN pada Sabtu (20/5/2023).

Setidaknya lebih dari 120 BUMN membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA, D3, dan S1. Sebelum mendaftar baiknya mempersiapkan syarat yang dibutuhkan. 

Persyaratan berupa dokumen yang harus disiapkan meliputi: 

Data diri seperti kartu tanda penduduk (KTP) 

Dokumen pendidikan seperti ijazah dan transkrip nilai 

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 

Sertifikat kompetensi 

Sertifikat prestasi 

Sertifikat kemampuan bahasa Inggris 

Surat rekomendasi 

Link Pendaftaran

Apabila syarat sudah memenuhi, Anda bisa langsung mengunjungi situs pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN di https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. 

Laman tersebut juga memuat informasi seputar perusahaan yang membuka lowongan kerja, syarat umum, dan syarat khusus tiap instansi yang dipilih. Sebelum mendaftar, peserta juga diminta untuk membuat akun baru.

Ketentuan rekrutmen Bersama BUMN 

Wajib untuk diketahui, dalam pendaftaran rekrutmen Bersama BUMN ini peserta hanya dapat mendaftar secara online di situs resminya https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

 Peserta juga wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Oleh karena itu, dilarang menggunakan alamat email milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran. 

Cek kembali seluruh data diri karena nantinya tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini