Konten Premium

Tuah Saham BCA (BBCA) ke Portofolio Afiliasi MUFG

Bisnis.com,29 Mei 2023, 18:00 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Pekerja membersihkan dinding kantor Bank Central Asia (BCA) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Selain berinvestasi sebagai pengendali PT Bank Danamon Tbk (BDMN), Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) juga menanam modal ke saham-saham perbankan lain di Indonesia. Dari lima emiten bank selain BDMN yang mereka jamah, porsi terbesar ada di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) alias BCA, yang dikoleksi lewat First Sentier Investors dan Mitsubishi UFJ Kokusai Asset Management Co Ltd.

Nama pertama, First Sentier, adalah perusahan manajemen aset yang bermarkas di Sydney, Australia. Di bawah bendera MUFG, perusahaan ini memiliki portofolio aset kelolaan US$146,2 miliar atau setara Rp2,18 kuadriliun (kurs Rp14.961 per US$) per akhir 2022.

Sedangkan nama kedua, MUFG Kokusai Asset Management, merupakan perusahaan trust provider dengan aset kelolaan lebih dari 23 triliun yen atau Rp2,45 kuadriliun per laporan kinerja akhir tahun lalu. Entitas ini menanam 44 persen dari rapor aset under management (AUM) mereka dalam bentuk saham perusahaan terbuka, lebih besar dari investasi ke ETF (29 persen), surat utang terbuka (21 persen), atau private investment trust (6 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini